Libur Akhir Tahun, Pengguna Transportasi Wajib Penuhi Syarat Perjalanan Domestik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Libur Akhir Tahun, Pengguna Transportasi Wajib Penuhi Syarat Perjalanan Domestik
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Libur Akhir Tahun, Pengguna Transportasi Wajib Penuhi Syarat Perjalanan Domestik

SATUKANAL.com, NASIONAL– Untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 di momen liburan natal dan tahun baru, syarat perjalanan domestik mengalami penyesuaian. Pemerintah menambahkan sejumlah persyaratan khusus terkait pengaturan penumpang di sektor transportasi di Jawa dan Bali.

Persyaratan yang ditetapkan pemerintah yaitu terkait kewajiban penggunaan rapid test antigen kepada masyarakat yang melakukan perjalanan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal, penerapan kebijakan wajib rapid test antigen dan PCR dilakukan di Jawa dan Bali selama periode Natal dan Tahun Baru (18/12/2020 sampai 08/12/2020).

Sementara itu hasil rapid test antibodi tidak lagi berlaku untuk dokumen perjalanan. Dikarenakan keberangkatan dari Jawa dan Bali wajib PCR atau rapid test antigen. Sedangkan untuk keberangkatan menuju Bali wajib PCR.

Lantas bagaimana ketentuan perjalanan di Jawa dan Bali terkait aturan transportasi di jalur udara dan darat. Berikut rinciannya:

Baca Juga :  Terhitung Mulai Hari, Berikut Deretan Mobil Bebas PPnBM !

Penerbangan

Perjalanan menggunakan jalur penerbangan memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk penerbangan menuju Bali penumpang wajib PCR maksimal H-3 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk penerbangan menuju semua bandara di Jawa, penumpang wajib PCR atau rapid antigen maksimal H-3 sebelum keberangkatan. Lalu penerbangan dari semua bandara di Jawa dan Bali, penumpang wajib PCR ataurapid antigen maksimal H-3 sebelum keberangkatan.

Kereta Api

Seluruh penumpang kereta api  jarak jauh wajib melakukan PCR atau rapid  antigen maksimal H-3 sebelum keberangkatan untuk dapat melakukan perjalanan mengunakan kereta api.

Perjalanan Darat

Untuk perjalanan darat di Jawa, pelak perjalanan dihimbau melakukan rapid antigen sebelum keberangkatan. Sedangkan khusus perjalanan darat menuju Bali, seluruh penumpang wajib minimal rapid antigen maksimal H-3 sebelum keberangkatan. Keudian, untuk angkutan logistik yang masuk ke bali diberikan diskresi biaya tes atau kebebasan pengambilan keputusan sendiri terkait situasi yang dihadapi.

Baca Juga :  Bingung Menghilangkan Bau Rokok Di rumah? Coba 5 cara Ini

Dalam keputusan yang diberikan pemerintah tersebut dikatakan bahwa pelaku perjaanan membayar sendiri kebutuhan test dan tidak ditanggung oleh pemerintah. Pemerintah juga akan memperketat protokol kesehatan di titik-titik kumpul selama perjalanan.

Sebagai informasi tambahan yang perlu diperhatikan bahwa untuk perjalanan domestik, anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk tes PCR maupun antiggen sebagai syarat perjalanan. Sementara itu, rapid test antigen hanya diijinkan menggunakan 4 merk yang telah mendapatkan nomor ijin edar dari kemenkes yang meliputi Abbot panbio, SD Biosensor, Genbody dan Indec.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait