Lianhua Qingwen Disebut bisa Obati Covid-19. Ini Faktanya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lianhua Qingwen Disebut bisa Obati Covid-19. Ini Faktanya
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Lianhua Qingwen Disebut bisa Obati Covid-19. Ini Faktanya

SATUKANAl.com, NASIONAL– Baru-baru ini sebuah postingan yang beredar di media sosial facebook, menyebut bahwa obat herbal Lianhua Qingwen bisa sebagai obat herbal untuk mengatasi Covid-19.  Salah satu pengunggah narasi tersebut yakni kemberly Rebecca.

Postingan tersebut sontak membuat sebagian orang bertanya akan kebenaran kabar tersebut. Faktanya, narasi yang disebutkan dalam akun facebook tersebut dinyatakan tidak benar.

Produk Lianhua Qingwen merupakan produk obat herbal. BPOM juga belum pernah mengeluarkan persetujuan terkait obat herbal dengan indikasi dapat mengobati Covid-19, termasuk obat tradisional Lianhua.

Lianhua Qingwen sendiri terdaftar di Indonesiaa dengan Nomor Izin edar (NIE) TI144348471 dan pemilik atas nama PT. INTRA ARIES. Produk ini disetujui BPOM untuk indikasi membantu  meredakan panas dalam termasuk tenggorokan dan membantu meredakan batuk.

Baca Juga :  Diprediksi Bakal Tren Tahun 2021, 5 Tanaman Hias Ini Mulai Banyak Diincar

Sebelumnya, pada tahun 2020 BPOM menyampaikan bahwa ada persetujuan pemasukan produk Lianhua Qingwen oleh Buddha Tzu Chi, Yayasan Artha Graha Peduli dan Yayasa Adharta yang diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) atas rekomendasi Badan POM melalui sistem Perizinan Tanggap Darurat aplikasi Indonesia National Single Window (INSW).

BPOM juga menyampaikan, produk Kapsul Lianhua Qingwen yang terdaftar di BPOM berbeda dengan komposisi produk Lianhua Qingwen donasi. Pada produk donasi ditandai dengan stiker yang ditempel dengan tulisan “Produk donasi, tidak untuk dijual” dan “Hati-hati dalam Penggunaan Harus dengan Pengawasan Dokter”.

Dari penelitian, BPOM juga menemukan adanya produk ilegal yang palsu dan banyak dijual secara online. Hal ini senada dengan laporan yang dilakukan PT Intra Aries pada 16 April 2020 yakni adanya pemalsuan pada produk Lianhua Qingwen Capsules yang berbeda dengan yang etrdaftar di Indonesia.

Baca Juga :  Ingin Buka Usaha Sendiri Saat Pandemi? Perhatikan 5 Hal Penting Ini Agar Dapat Penjualan Terbaik

“Badan POM terus mengimbau masyarakat untuk menjadi konsumen yang cermat dengan memastikan terlebih dahulu apakah produk Lianhua Qingwen yang akan dibeli atau digunakan adalah produk yang terdaftar di Badan POM dengan pemilik NIE PT. INTRA ARIES atau produk donasi,” ungkap pihak BPOM yang dilansir dari kompas.com.

Untuk itu BPOM menyampaikan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan promosi produk yang mengklaim penyembuhan Covid-19. Apalagi dengan beredarnya pemalsuan produk tersebut. Lianhua Qingwen, tidak bisa menyembuhkan Covid-19.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait