Level PPKM Turun, Okupansi Hotel Kota Batu Merangkak Naik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Level PPKM Turun, Okupansi Hotel Kota Batu Merangkak Naik
Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi (Foto: ilustrasi Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Level PPKM Turun, Okupansi Hotel Kota Batu Merangkak Naik

Satukanal.com, Batu – Semakin melandainya angka persebaran Covid-19 di Kota Batu, tentu memberikan dampak yang signifikan bagi pengusaha penginapan di Kota Apel itu. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu mencatat, pada akhir pekan okupansi hotel di daerah itu sudah mencapai 50 persen.

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengungkapkan, membaiknya sudah mulai terasa sejak beberapa hari terakhir. Hal ini tentu membawa angin segar bagi perekonomian perhotelan di Kota Batu, bila dibandingkan dengan masa PPKM level 4. “Okupansi sudah membaik. Walaupun tempat wisata belum dibuka, tapi untuk hotel sudah membaik,” ujar Sujud.

Sujud menjelaskan, tingkat keterisian kamar hotel yang ada di wilayah Kota Batu, mulai terlihat membaik pada akhir pekan. Ia mencatat, tingkat okupansi sudah mengalami kenaikan menjadi 50 persen pada libur akhir pekan.

Baca Juga :  PTM di Kota Santri Siap Digelar Pertengahan September

Namun, pada hari-hari kerja, tingkat okupansinya hanya sebesar 20 persen. “Untuk hari lain belum sekuat itu, masih baru 20 persen. Tapi kondisi sudah membaik. Ketika tidak ada penyekatan, hotel mulai membaik,” ujarnya.

Sebagai informasi, di wilayah Kota Batu ada dua destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional. Dua destinasi wisata tersebut adalah Jatim Park 2 atau yang dikenal sebagai Batu Secret Zoo, dan Taman Rekreasi Selecta.

Sujud mengharapkan, uji coba pembukaan destinasi wisata di Kota Batu tersebut juga mampu memberikan dampak positif terhadap sektor perhotelan yang ada. Diharapkan, tingkat okupansi hotel bisa berada pada angka 50 persen pada hari kerja.

Baca Juga :  PPKM Level Diperpanjang, Ada Penyesuaian Aturan

“Harapan kami okupansi bisa rata, untuk hari kerja. Bisa sampai 50 persen, agar bisa mendapatkan keuntungan. Harapan kami seperti itu, walaupun sulit,” ujarnya.

Saat ini, wilayah Kota Batu masih menerapkan PPKM level 3. Sebenarnya, dalam PPKM level 3, destinasi wisata masih belum diizinkan untuk beroperasi. Jika suatu wilayah memasuki PPKM level 2, maka destinasi wisata diperbolehkan untuk beroperasi.

Hingga Kamis pagi, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 3.015 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.714 orang dilaporkan telah sembuh, 256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

 

 

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Adinda

    Kanal Terkait