SATUKANAL.COM
Paling kiri dari LSF Jatim, M.Natshir dan paling kanan, Parfi Kota Malang, Rossa S. Romlah (swan)
BERITA

Lembaga Sensor Film Tanggapi Baik Pemutaran Film G30S/PKI

Satuchannel.com, Kota Malang – Sempat jadi polemik, rencana nonton bareng film G30S/PKI yang diwacanakan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo beberapa hari lalu ternyata ditanggapi dengan baik oleh Lembaga Sensor Film. Tenaga sensor Lembaga Sensor Film (LSF) Jawa Timur, M. Natzir mengatakan, film penumpasan G30S/PKI tersebut telah lama lulus sensor.

Menurutnya, tidak ada yang perlu di khawatirkan selama film itu bermuatan sejarah.

“Film itu sudah disensorkan juga oleh PFN dan TV One pada tanggal (26/9) dengan klasifikasi umur 13 tahun ke atas,” ujarnya kepada satuchannel melalui telephone, Sabtu (30/9).

Meski lulus sensor begitu, Ia tetap menyarankan orang tua mendampingi anak-anak saat menonton film garapan sutradara Arifin C Noer itu. Pasalnya, di dalam film tersebut ada adegan berunsur kekerasan.

“Orang tua tahu mana yang cocok dan tidak cocok untuk anaknya, disini orangtua harus mampu menjelaskan kepada anak-anaknya agar tidak meniru adegan kekerasan itu melainkan menerangkan nilai sejarahnya,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPC Parfi Kota Malang, Hj. Rossa S. Romlah mengatakan, sangat dibutuhkan sensor mandiri dalam menonton film tersebut. Menurutnya, dengan adanya sensor mandiri, mampu memberikan pemahaman kepada anak di bawah umur.

Paling kiri dari LSF Jatim, M. Natzir dan paling kanan, Parfi Kota Malang, Rossa S. Romlah (swan)

“Itulah fungsi daripada sensor mandiri, dimana orangtua harus mampu mendampingi dan menerangkan kepada anak tentang sejarah khususnya kejadian kekejaman G30S PKI agar anak mampu membentengi diri tidak terseret arus ke hal-hal yang anarkis,” ujarnya.

Menurut Rossa, pemutaran Film G30S/PKI dalam rangka menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda Indonesia.

“Asal diajarkan dengan baik dan benar, tidak menelan mentah-mentah bahaya latennya, tapimelihat perjuangan bangsa dalam mempertahankan NKRI,” katanya.(swan)

Kanal Terkait