Lebih Dekat Dengan Kopi Dari Lereng Gunung Arjuna | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Lebih Dekat Dengan Kopi Dari Lereng Gunung Arjuna

Satuchannel.com, Kabupaten Malang – Sebagian orang mungkin masih familiar dengan kopi dampit khas Malang selatan. Tak banyak yang tahu jika daerah lain dari Kabupaten Malang mempunyai kopi yang tak kalah dengan kopi dampit. Ya, Kecamatan Karangploso merupakan salah satu daerah produsen biji kopi yang berkualitas.

Letaknya yang berada di lereng Gunung Arjuna menjadikan daerah potensial ditanami tanaman kopi jenis Arabika. Di tangan seorang bernama Pandu Prabowo, kopi daerah Karangploso ini mulai diperhitungkan dalam dunia perkopian Malang dan nusantara.

 

Mengusung brand Kopi Karlos, yang merupakan singkatan dari Karangploso. Ia bermitra dengan petani kopi di Karangploso mencoba mengembangkan potensi kopi di Kecamatan Karangploso.

Baca Juga :  KSM Lahar Pang Kabupaten Kediri, Lakukan Pemberdayaan Petani Kopi di Lereng Gunung Kelud

Mulai membangun brand kopi karlos pada tahun 2013, ia menggandeng beberapa kelompok tani kopi di desa – desa di Kecamatan Karangploso.

Owner Kopi karlos di rumah produksi (Aris)

“Ada 4 desa penghasil biji kopi di Karangploso ini, di antaranya Desa Tawang Argo, Desa Donowarih, Desa Bocek, dan Desa Nggenep.” jelas Owner Kopi Karlos, Pandu Prabowo di tempat produksi biji kopi Karlos.

Menurutnya ada 4 jenis kopi yang dihasilkan dari daerah Karangploso yakni Arabika, Robusta, Luwak Liar, dan Liberika.

Biji kopi dari petani (Aris)

“Yang terbanyak jenis Arabika mengingat arabika ini sangat cocok dengan kontur tanah di Karangploso yang tinggi.” kata Pandu.

Ia menyatakan dengan ketinggian kebun kopi yang ada di Karangploso yang mencapai di atas 1.000 mdpl menjadikannya cocok ditanami kopi jenis arabika. Jika kopi jenis robusta cocok ditanam pada ketinggian antara 0- 500 mdpl.

Baca Juga :  KSM Lahar Pang Kabupaten Kediri, Lakukan Pemberdayaan Petani Kopi di Lereng Gunung Kelud

“Kita sekarang bermitra dengan 30 orang petani kopi, dengan luas lahan mencapai 1.000 hektar di area Perhutani.” ujarnya saat ditanya jumlah petani dan lahan yang jadi mitra.

Produk Kopi Karlos (Aris)

Secara kualitas kopi dari Karangploso ini juga tak kalah dengan kopi lainnya. Terbukti Kopi Karlos ini sudah dipasarkan hingga Batam, Jakarta, dan Bandung. Bahkan untuk jenis luwak liarnya dari Karangploso ini sudah menembus negara Taiwan. Sementara untuk roasternya, sudah dipasarkan hingga Malaysia. (Aris)

Kanal Terkait