Layanan Umrah Jemaah Indonesia Segera Dibuka, Simak Persyaratan Terbarunya! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Layanan Umrah Jemaah Indonesia Segera Dibuka, Simak Persyaratan Terbarunya!
Ilustrasi umrah (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Layanan Umrah Jemaah Indonesia Segera Dibuka, Simak Persyaratan Terbarunya!

Satukanal.com, Nasional – Terbaru, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka umrah bagi jemaah Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, berdasarkan nota diplomatik kedutaan besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021.

Retno menginformasikan bahwa komite khusus di kerajaan Arab Saudi sedang bekerja guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah.

“Nota diplomatik juga menyebutkan, mempertimbangkan masa periode untuk karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” ungkap Retno.

Terdapat beberapa protokol kesehatan (prokes) yang wajib diterapkan oleh jemaah umrah, seperti:

  • Seluruh layanan dan jemaah wajib mengikuti protokol kesehatan
  • Pelayanan kepada jemaah selama di dalam negeri mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan
  • Pelayanan kepada jemaah selama di Arab Saudi mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi
  • Protokol kesehatan selama di dalam pesawat terbang mengikuti ketentuan protokol kesehatan penerbangan yang berlaku.
  • Penyelanggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bertanggung jawab terhadap pelaksanaan protokol kesehatan jemaah selama di tanah air, selama dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi demi pelindungan jemaah.
Baca Juga :  100.000 Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

Adapun syarat umrah dalam kebijakan tersebut diantarannya:

  • Para jemaah harus sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Jenis vakin yang disetujui pemerintah Arab Saudi, yakni Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson & Johnson. Bagi yang menerima jenis vaksin Sinovac atau Sinopharm, maka diwajibkan mendapat booster yang disetujui pemerintah Arab Saudi
  • Usia sesuai ketentuan pemerintah Arab Saudi (18-60 tahun)
  • Tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid (wajib memenuhi ketentuan Kemenkes RI)
  • Menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain atas risiko yang timbul akibat Covid-19
  • Melampirkan bukti bebas Covid-19 (dibuktikan dengan asli hasil PCR/swab test yang dikeluarkan rumah sakit atau laboratorium yang sudah terverifikasi Kemenkes dan berlaku 72 jam sejak pengambilan sampel hingga waktu keberangkatan atau sesuai ketentuan pemerintah Arab Saudi).
Baca Juga :  Mulai 1 November, WhatsApp Blokir 53 Tipe HP Ini!

Firman M Nur selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) menjelaskan, biaya umrah tahun 2021 sampai saat ini masih merujuk pada harga referensi kedua ketika uji coba pada November 2020, yakni Rp 26 juta.

Lalu, untuk penyesuaian biaya umrah tahun 2021 itu akan dilakukan apabila masih ada kewajiban karantina 5 hari sebelum berangkat umrah, begitu juga saat pulang dari Arab Saudi. “Diharapkan ketika dibuka beberapa hari ke depan, kita sudah siap, sehingga keberangkatan bisa dilakukan,” ungkap Firman.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait