Launching Kalender Wisata 2021, Disparta Promosikan Wisata Kota Batu | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Launching Kalender Wisata 2021, Disparta Promosikan Wisata Kota Batu
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Launching Kalender Wisata 2021, Disparta Promosikan Wisata Kota Batu

SATUKANAL.com, BATU– Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu meluncurkan kalender wisata tahun 2021 Kalender wisata tersebut total memuat 74 event yang bisa dinikmati wisatawan dalam satu tahun. Peluncuran Kalender wisata itu juga dimaksudkan untuk menarik minat kunjungan wisata Kota Batu. Sehingga turut serta berpartisipasi dalam memulihkan perekonomian.

Arief As Siddiq selaku Kepala Disparta Kota Batu menyampaikan bahwa kalender wisata tahun 2021 merupakan jawaban atas banyaknya pertanyaan masyarakat dan wisatawan domestik hingga mancanegara terkait event apa saja yang diselenggarakan di Kota Batu setiap bulannya.

“Semua event wisata di Kota Batu akan terjadwalkan dalam Kalender Wisata Kota Batu Tahun 2021. Harapannya masyarakat dan wisatawan bisa mengetahui event yang digelar tiap bulannya dengan sistematis,” ujar Arief.

Menurut Arief, Kelender Wisata Tahun 2021 mengemas segala macam event dari tingkat desa, regional, nasional hingga tingkat internasional. Juga bakal dihelat event olahraga, pertanian, seni, budaya hingga lainnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan dan kreatif.

Beberapa agenda yang termasuk dalam kalender wisata seperti Fashion of The Mountain di Taman Langit akhir Januari, Festival Agraris, Festival Batik, Batu Street Food Festival, Lomba Burung Kicau dan event baik tingkat desa, kelurahan. Selain itu, juga terdapat event besar lainnya seperti pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Pada kesempatan itu diadakan juga launching tiga program ppendukung dunia pariwisata lainnya yaitu aplikasi di TV pada destinasi dan akomodasi wisata Kota Batu, launching desa atau kelurahan wisata se Kota Batu dan launching channel khusus pariwisata di Agropolitan Televisi (ATV).

Baca Juga :  Simak ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko juga menyampaikan bahwa Kota Wisata Batu bukan hanya branding menuju kota wisata tapi doa yang dapat menjadikan kenyataan karena bisa menjadi destinasi wisata yang mendapat kunjungan paling banyak se Jatim bahkan pulau Jawa.

Menurutnya, branding tersebut ditujukan untuk menunjukkan kepada pelaku wisata, PHRI, agen travel sehingga bisa melibatkan pelaku agen wisata untuk mempersiapkan saat event besar. “Pesan saya jangan dinaikkan rate harga saat event, tapi kalau bisa berikan diskon agar bisa memberikan kesan pada wisatawan sehingga jadi cerita menarik dan tahun depan wisatawan bisa kembali,” paparnya.

Tak lupa Dewanti berpesan agar Disparta juga menggandeng OPD lainnya seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dalam peningkatan sarana dan prasarana. Kemudian untuk mengatasi kemacetan jika musim liburan, menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres Batu.

“Dengan hidupnya wisata dipastikan roda perekonomian lainnya akan ikut tumbuh pesat juga. Awal tahun kita vakum, setelah kalender ini launching, ayo kita hidupkan lagi pariwisata, tapi jangan lupa patuhi prokes ya,” jelas Wali Kota Dewanti.

Senada dengan pernyataan Dewanti, Sinarto selaku Kepala Disparta Provinsi Jatim mengatakan bahwa peresmian kalender wisata 2021 Kota Batu dapat berpartisipasi dalam pengembangan wisata di Jawa Timur hingga Indonesia.

Baca Juga :  Ringankan Perekonomian Pekerja Seni dan Pelaku Usaha, Pemkot Batu Berikan BST Profesi

“Ini merupakan langkah awal promosi Kota Batu. Seiring perkembangan pariwisata tiga tahun terakhir yang menggairahkan sehingga bisa mendongkrak kunjungan wisata hingga pendapatan PAD,” ungkap Sinarto mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sinarto juga mengungkapkan jika Gubernur Khofifah berharap event wisata yang tersistematis mampu mendorong kunjungan wisatawan dan mampu melakukan pemulihan sektor lainnya. Meski pandemi covid-19 berpengaruh besar pada kunjungan dan pendapatan masyarakat.

“Kota Batu sangat baik untuk akomodasi dan wisatanya. Sehingga jadi pilihan masyarakat berwisata. Begitu juga wisata buatannya yang mampu menciptakan daya saing. Karena setelah pendemi bisnis pariwista akan bersaing. Tak hanya Jatim tapi mancanagera. Karena itu bisnis pariwisata harus memenuhi prokes yang baik dan ketat,” paparnya.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi juga ikut mengapresiasi adanya kalender wisata ini. Menurutnya, wisata dan budaya tidak bisa terpisahkan. Dengan menggali potensi, terjadwal dan dikemas apik melalui kalender event dipastikan bisa membawa Kota Batu lebih produktif.

“Pemerintah tak mungkin berjalan sendiri. Semua elemen harus mampu mendukung untuk menyukseskan visi misi Pemkot Batu demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif yang bisa dirasakan langsung,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait