Larangan Mudik, PO Bagong Pastikan Tetap Beroperasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Larangan Mudik, PO Bagong Pastikan Tetap Beroperasi
BERITA Kanal Highlight

Larangan Mudik, PO Bagong Pastikan Tetap Beroperasi

Satukanal.com, MalangPerusahaan Otobus (PO) Bagong menyatakan tetap akan beroperasi meskipun mudik lebaran 2021 dilarang oleh pemerintah pusat.

Kebijakan larangan mudik lebaran tahun 2021 yang telah diturunkan pemerintah pusat. Membuat sejumlah pengusaha transportasi akan mengalami penurunan pendapatan.

Pada libur lebarang 2021 mendatang, PO Bagong pun bahkan tidak mengurangi armadanya. Hal ini disampaikan oleh pemilik PO. Bagong, Hari Soesilo, Sabtu (17/4/2021).

Menurutnya, pelarangan mudik yang berlangsung pada tanggal 6 – 17 Mei 2021 mendatang. Dianggap bukan keputusan yang bijak, lantaran diprediksi bakal berdampak pada beberapa sektor. Salah satunya sektor industri jasa transportasi, baik darat, laut maupun udara.

Hari menyampaikan, libur lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para industri penyedia transportasi umum. “Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu moment yang ditunggu bagi industri jasa transportasi umum,” jelasnya.

Baca Juga :  Imbas PPKM di Malang, Pedagang Makanan Merugi

Hal itu didasarkan pada, banyak masyarakat yang ingin merayakan momen lebaran dengan mudik ke kampung halaman. Di sisi lain, kebijakan larangan mudik itu juga diketahui sebagai upaya Pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19, dan sudah sepatutnya masyarakat bisa mendukung.

“Kami akan jalankan seperti biasanya. Armada kami siap berikan pelayanan pada pelanggan (Penumpang). Tapi, tetap harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes), seperti masker dan jaga jarak,” tutur Hari.

Sebagai warga negara yang baik, Hari tetap akan mematuhi segala aturan mengenai protokol kesehatan, hal tersebut juga dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19.

Namun, jika dilihat dari aspek pendapatan, pengusaha/pemilik bus seperti PO Bagong akan sangat terdampak atas diterbitkannya aturan larangan mudik lebaran tersebut.

Baca Juga :  Siap Siap! Bansos PPKM Kota Malang Segera Cair

“Kalau bicara dari aspek pendapatan, sudah tentu menurun. Tapi, kami anggap hal ini sebagai resiko bagi pelaku industri jasa transportasi,” ungkap Hari selaku pemilik PO Bagong.

Sebagai informasi, menurut aturan yang telah diterbitkan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyatakan akan melarang total operasi semua moda transportasi, darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Mei 2021.

Hal itu dilakukan agar pelaksanaan kebijakan larangan mudik lebaran yang diberlakukan pemerintah demi menekan penyebaran corona tahun ini berjalan efektif.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan larangan tersebut juga telah diatur dalam Peraturan menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait