Larangan Mudik Penerbangan Terbatas Masih Bisa Dilakukan, Simak Syaratnya! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Larangan Mudik Penerbangan Terbatas Masih Bisa Dilakukan, Simak Syaratnya!
BERITA Kanal Highlight

Larangan Mudik Penerbangan Terbatas Masih Bisa Dilakukan, Simak Syaratnya!

Satukanal.com, Nasional – Pada momen Ramadhan 2021, pemerintah resmi melarang adanya mudik lebaran. Sementara itu, Penerbangan terbatas masih dapat dipergunakan masyarakat ketika hendak berpergian.

Kicky Salvachdie selaku General Manager Bandar Udara Internasional Juanda menyampaikan bahwa, pada tahun ini terdapat tiga momen pengetatan larangan mudik lebaran. Momen tersebut yakni, pengetatan pra mudik, masa peniadaan mudik, dan pengetatan pasca mudik.

Meskipun seluruh moda transportasi dilarang beroperasi saat libur lebaran, Kicky Salvachdie menjelaskan, masyarakat masih dapat melakukan penerbangan dengan melengkapi sejumlah persyaratan.

Sejumlah persyaratan tersebut antara lain, Periode pengetatan pra mudik terhitung sejak 22 April hingga 5 Mei persyaratan dokumen kesehatan adalah PCR/Antigen/GeNose yang berlaku 1 x 24 jam.

Pada masa peniadaan mudik adalah 6 – 17 Mei, dimana pada masa ini terdapat kategori pengecualian orang yang dapat melakukan perjalanan, seperti bekerja/perjalanan dinas , kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka/meninggal dan keperluan persalinan dengan persyaratan PCR 3 x 24 jam, Antigen 2 x 24 jam atau GeNose 1 x 24 jam.

Baca Juga :  Ingat! Hari Ini Pengumuman Hasil SBMPTN 2021, Ini Link Aksesnya

Selain itu, pada pengetatan pasca larangan mudik lebaran pada tanggal 18 – 24 Mei dengan aturan yang sama seperti periode pra mudik yaitu PCR/Antigen/GeNose yang berlaku 1 x 24 jam.

“Masing-maing kategori yang dikecualikan harus dibuktikan dengan dokumen pendukung seperti surat izin dinas untuk kepentingan perjalanan dinas, rekam medik untuk kunjungan keluarga sakit, surat keterangan meninggal dari instansi yang berwenang untuk keperluan kunjungan duka, dan surat keterangan dari dokter kandungan jika perjalanannya dalam rangka keperluan persalinan,” ungkapnya.

Apabila para calon penumpang telah memenuhi kriteria tersebut, dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan untuk dapat melakukan penerbangan.

Selain itu, para penumpang juga diimbau selalu memperbarui informasi ke maskapai terkait mengingat selama periode peniadaan mudik terdapat pengurangan frekuensi dan peniadaan sementara beberapa rute penerbangan.

“Demi kelancaran dan keamanan penerbangan terbatas selama periode peniadaan mudik, kami mengimbau kepada para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandar Udara Internasional Juanda untuk mematuhi segala ketentuan dan aturan yang diberlakukan,” ujarnya.

Baca Juga :  Awas Banyak Developer Nakal! Ini Tips Membeli Perumahan Yang Aman

Guna memantau pergerakan angkutan lalu lintas udara, Bandar Udara Internasional Juanda juga akan membuka Posko Terpadu Angkutan Udara di lobby Terminal 1 (T1) dan Terminal 2 (T2). Posko ini akan dilaksanakan selama 19 hari yaitu sejak tanggal 6 Mei 2021 (H-7) s/d 24 Mei 2021 (H+11).

“Untuk hal ini, maskapai menyediakan opsi refund atau reschedule yang kebijakannya tergantung masing-masing maskapai,” jelasnya.

Sebagai informasi, Maskapai penerbangan Citilink Indonesia akan tetap beroperasi terbatas dalam masa pelarangan mudik lebaran di tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Maskapai ini akan beroperasi untuk masyarakat secara terbatas serta angkutan kargo sesuai dengan ketentuan pada Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Perhubungan No 13 tahun 2021.

“Dapat kami informasikan bahwa saat ini penerbangan Citilink pada periode tersebut akan tetap beroperasi untuk angkutan logistik dan melayani masyarakat  yang memenuhi kriteria untuk melakukan perjalanan,” ujar VP Corporate Secretary & CSR Citilink Resty Kusandarina.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait