Larangan Mudik, Pemkab Malang Pantau ASN Dengan Aplikasi Khusus - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Larangan Mudik, Pemkab Malang Pantau ASN Dengan Aplikasi Khusus
BERITA HIGHLIGHT

Larangan Mudik, Pemkab Malang Pantau ASN Dengan Aplikasi Khusus

Satukanal.com, Malang – Mulai 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, Menyusul adanya aturan larangan untuk mudik dari pemerintah pusat untuk seluruh warga, Pemerintah Kabupatn Malang juga turut memberlakukan kebijakan tersebut.

Namun, Pemkab Malang masih menunggu surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal larangan mudik bagi aparatur sipil negara atau ASN. Hal ini disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi, “Nunggu aturannya dari Mendagri nanti. Nunggu aturannya protokol kesehatan juga,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Malang akan segera melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Malang mengenai larangan mudik bagi ASN. “Nanti kita koordinasikan dengan kepolisian. Kan Satgas-nya Pak Kapolres dan Pak Dandim,” ungkap Sanusi.

Adanya kebijakan baru tersebut, Didik Gatot Subroto selaku Wakil Bupati Malang juga menjelaskan bahwa, Pemkab Malang nantinya akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat terkait dengan larangan tersebut. ”Pemerintah daerah berkewajiban untuk mengikuti,” ujar Didik.

Baca Juga :  5 Pantai di Malang Punya Ombak Ciamik Cocok Untuk Surfing

Terkait dengan beberapa kebijakan teknis dari aturan tersebut, Didik menyampaikan bahwa kini pihaknya tengah melakukan pembahasan. Pemkab Malang juga akan mengeluarkan aturan yang bisa menjadi dasar hukum pemberian tindakan bagi warga, khususnya aparatur sipil negara (ASN) agar tidak melanggar ketentuan tersebut.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah mengatakan, agar kebijakan larangan mudik dapat berjalan secara maksimal. BKPSDM akan mempersiapkan beberapa strategi.

Salah satu strategi yang digunakan oleh BKPSDM Kabupaten Malang yakni, akan menggunakan aplikasi khusus untuk melacak keberadaan para ASN selama mudik lebaran dengan menggunakan aplikasi bernama timestamp camera.

Baca Juga :  Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses

Aplikasi timestamp camera merupakan salah satu aplikasi khusus yang dapat diinstal melalui smartphone. Aplikasi timestamp camera dapat berfungsi untuk menunjukan waktu dan lokasi pengguna secara real time.

“Jadi kami tidak bisa dibohongi karena mereka (ASN) diwajibkan membuat laporan dengan mencantumkan posisinya, nantinya bakal bisa mengetahui lokasi terkini dari para ASN saat libur mudik Lebaran” ungkap Nurman.

Selain kebijakan tentang larangan mudik, Pemkab Malang juga akan mengatur beberapa sanksi bagi para ASN yang tetap nekat pulang ke kampung halamannya. “Kami akan terbitkan penekanan (Surat Edaran) lengkap dengan saksi yang nanti kami siapkan” ujar Nurman.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait