Larangan Mudik Lebaran 2021, Layanan KA Dan Transportasi Laut Dibatasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Larangan Mudik, PT KAI Bakal Hentikan Operasional Kereta Jarak Jauh
Kanal Straight

Larangan Mudik Lebaran 2021, Layanan KA Dan Transportasi Laut Dibatasi

SATUKANAL.com, NASIONAL– Layanan kereta api (KA) terkait kebijakan larangan mudik lebaran 2021 akan dibatasi dan dikurangi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) menyebut bahwa pihaknya hanya akan mengperasikan kereta luar biasa. “Kita akan melakukan pengurangan layanan kereta api dan hanya akan mengoperasikan kereta luar biasa,” ujarnya dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (07/04/2021).

Terkait transportasi laut dalam kebijakan larangan mudik, Kemenhub hanya akan memberikan fasilitas bagi mereka yang dikecualikan dalam kebijakan tersebut, sehingga layanannnya hanya akan diberikan secara terbatas.

Baca Juga :  Stok Menipis, Beberapa Daerah Hentikan Vaksinasi

Sedangkan untuk layanan transportasi darat, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Polisi dan Korlantas untuk menetapkann penjagaan di titik-titik tertentu. Budi menyebutkan bahwa penyekatan akan dilakukan di sekitar 300 lokasi.

Menurut Budi, ada beberapa hal yang menyebabkan  pemerintah melarang mudik lebaran ini antara lain pertama, adanya peningkatan kasus Covid-19 yang tinggi pada Januari 2021 setelaah mudik Natal. Kedua, pada januari hingga Februari 2021 juga terjadi lonjakan kasus aktif secara drastis.

Ketiga, melihat kondisi negara maju saat ini seperti Amerika Serikat, India dan negara di Eropa lainnya yang mengalami kenaikan Covid-19 secara signifikan. Terakhir, banyakya warga lansia yang berisiko tinggi terpapar Covid-19 dan harus dilindungi. Pencegahan potensi penularan covid-19 kepda lansia dapat dilakukan dengan meminimalisir mobilitas termasuk mudik lebaran.

Baca Juga :  Mayoritas Mata Uang Kripto Kompak Menghijau

Lebih lanjut, Budi mengaskan bahwa aturan pelarangan mudik sejak 6 hingga 17 Mei 2021 ini akan ditindaklanjuti lagi secara teknis pelaksanaannya. “Sesuai arahan Bapak Presiden, kita tegas melarang mudik dan kami juga menghimbau agar Bapak, Ibu yang berkeinginan mudik untuk tinggal di rumah saja,” ungkap Budi/

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait