Larangan Mudik 2021 Ditetapkan Pemerintah Hari Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Larangan Mudik 2021 Ditetapkan Pemerintah Hari Ini
Foto: Kemenkopmk
BERITA

Larangan Mudik 2021 Ditetapkan Pemerintah Hari Ini

SATUKANAL.com, NASIONAL– Memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Pemerintah kembali menggaungkan larangan mudik 2021 yang berlaku kepada seluruh masyarakat. Padahal, sebelumnya sempat beredar kabar bahwa pemerintah mengizinkan untuk melakukan mudik lebaran.

Penegasan terkat larangan mudik itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers, Jum’at (26/03/2021). “Cuti bersama idul fitri satu hari ada, namun tidak boleh ada aktivitas mudik,” ungkapnya dilansir dari Tempo.

Terkait ketentuan tersebut juga tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri ketenagakerjaan serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 tahun 2020 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021.

Baca Juga :  Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Cara Deteksi Kamera Tersembunyi

Muhadjir juga menyebut bahwa mudik ditiadakan untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri dan seluruh masyarakat. Larangan ini berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan jika seluruh kementerian dan lembaga akan melakukan komunikasi publik yang baik tentang peniadaan mudik ini. ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang ke luar daerah kecuali benra-benar dalam keadaan mendesak dan perlu.

“Mekanisme pergerakan orang dan barang akan diatur kementerian dan lembaga terkait.Untuk kegiatan keagamaan dalam rangka menyambut Ramadhan akan diatur Kemenag dan berkonsultasi dengan organisasi keagamaan,” lanjutnya menerangkan.

Baca Juga :  Pelaku UMKM Kediri, Optimis Tingkatkan Produksi di Tengah Larangan Mudik

Menurut Muhadjir, kebijakan terkait larangan mudik 2021 ini diambil sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada 23 Maret 2021. Presiden Joko Widodo sebelumnya mengingatkan jajaran kepala daerah soal masih tingginya resiko penularan Covid-19.

Meski saat ini Indonesia terus mengalami penurunan angka harian positif Covid-19, ia meminta semua pihak tetap waspada. Apalagi dengan turunnya angka penularan harian ini jangan membuat semua jajaran kepala daerah dan pemerintah lengah, sebab resiko penularan Covid-19 masih tetap ada.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait