Lampaui Target, Pajak BPHTB Kabupaten Malang Bisa Tembus 110 Persen | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Lampaui Target, Pajak BPHTB Kabupaten Malang Bisa Tembus 110 Persen

Sektor pajak dari Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Kabupaten Malang, menancapkan progres terbaiknya di tahun 2018. Selain melampaui target nominal yang telah ditetapkan yaitu Rp 80 miliar.

Target pajak BPHTB telah dicapai di bulan September 2018 lalu. Artinya, pencapaian Rp 80 miliar yang dipatok diakhir tahun, secara cepat dipenuhi di bulan September 2018.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang, Purnadi membenarkan pencapaian target penghasilan pajak BPHTB.

“Untuk BPHTB memang kita telah sejak bulan lalu telah melampaui target. Ini progres pengumpulan pajak yang memang tercepat dibandingkan pajak lainnya,” kata mantan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Rabu (14/11/2018) kepada kami.

Baca Juga :  3 Rekomendasi Wisata Alam Di Malang Yang Cocok Untuk Piknik Dan Mengisi Akhir Pekan

Sampai bulan September 2018 lalu, pajak BPHTB sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) telah membukukan dana Rp 88.244.841.798. Artinya, ada sekitar Rp 8 miliar selisih penambahan nominal pajak BPHTB dari target yang ditetapkan.

Track positif inilah yang membuat Purnadi optimis, dua bulan terakhir menuju tutup tahun, pajak dari BPHTB bisa mencapai 110 persen.

“Kita dalam track yang tepat dalam pajak dan retribusi. Ini terlihat dari BPHTB serta sektor pajak lainnya,” ujar Purnadi.

Seperti diketahui, di pertengahan bulan Oktober lalu, hampir seluruh target yang ditentukan terpenuhi. Walau pun memang masih ada kendala di beberapa sektor pajak lainnya. Yakni dalam Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perkotaan dan Perdesaan (P2) yang masih mencapai sekitar 77 persen.

Baca Juga :  5 Rekomendasi wisata Air Terjun di Malang Raya Dengan Keindahan Alamnya

“Sektor PBB P2 memang tidak bisa diprediksi. Walau ada batas akhir pembayaran, tapi masalah PBB memang terkait dengan masyarakat langsung. Sehingga ada kendala dalam target pencapaiannya. Tapi diakhir tahun biasanya terpenuhi semua,” urainya.

Tren positif pemasukan pajak yang dikelola Bapenda Kabupaten Malang, tidak membuat proses pengawalan dikendorkan dalam akhir tahun 2018 ini. Berbagai kegiatan, baik sosialisasi, penarikan pajak kepada masyarakat sampai koordinasi dengan pihak terkait.

“Kita terus memaksimalkan berbagai upaya dalam memenuhi seluruh target sampai akhir tahun ini,” pungkas Purnadi.

Kanal Terkait