Lama Tutup Lantaran Pandemi, Museum KH Hasyim Asy'ari Kembali Dibuka - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lama Tutup Lantaran Pandemi, Museum KH Hasyim Asy'ari Kembali Dibuka
Gus Kikim beserta rombongan Kemendikbud saat tinjau Museum Islam Indonesia Hasyim Asy'ari (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Lama Tutup Lantaran Pandemi, Museum KH Hasyim Asy’ari Kembali Dibuka

Satukanal.com, Jombang Usai lama ditutup karena pandemi Covid-19, Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang kini kembali dibuka. Namun, tetap ada pembatasan jam operasional.

Tepat pada momentum Hari Pahlawan Nasional hari ini, kawasan museum KH Hasyim Asy’ari sudah boleh dikunjungi. Hal itu dikonfirmasi oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz yang mengatakan dibukanya kembali museum, setelah melewati diskusi panjang sejak September lalu.

“Hasil diskusi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada bulan September lalu. Sepakat kita buka hari ini tepat pada Hari Pahlawan Nasional,” ucapnya pada Rabu (10/11/2021).

Meskipun telah dibuka kembali, tetap ada pembatasan jam operasional museum. Pengunjung bisa masuk ke lokasi museum pada pukul 08.00-13.30 WIB. Jadwal tersebut mengikuti buka tutupnya area Makam Gus Dur.

Baca Juga :  MUI Haramkan Kripto sebagai Mata Uang dan Tidak Sah Diperdagangkan, Ini Alasannya

“Waktu ditentukan dengan jadwal santri yang sekolah juga. Itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan pengunjung,” katanya.

Gus Kikim sapaannya, menuturkan, kembali dibukanya museum tentu dengan sejumlah aturan yang sedang dalam pembahasan. Pihaknya menyadari bahwa pandemi Covid 19 masih belum tuntas.

“Tetap petimbangkan aturan-aturannya. Namun masih dalam bahasan sambil berjalan,” ujarnya.

Sebelumnya, Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang sudah menjadi pembahasan Direktorat Jendral (Dirjen) Kebudayaan pemerintah pusat. Pasalnya, kondisi bangunan yang belum sempurna rencananya akan diperbaiki agar terlihat pemanfaatannya.

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid yang beberapa waktu sempat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Selasa (25/05/2021) lalu ini berkesempatan bertemu tokoh-tokoh dan pengasuh Ponpes Tebuireng.

Baca Juga :  Akhir Tahun 2022, Kota Malang Targetkan Semua Guru Jadi Guru Penggerak

Abdul Gofar Sekertaris Pondok Pesantren Tebuireng mengatakan, dalam kunjungannya ini, Dirjen membawa isu tentang keberadaan museum KH Hasyim Asy’ari dan kelanjutan pembangunan serta penataan ruang.

“Jadi beliau datang, secara spesifik membahas kelanjutan museum ini seperti apa. Nantinya Dirjen Kebudayaan akan menindaklanjuti terkait pemanfaatan museum ini,” tandasnya.

Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu ini memang, secara pemanfaatan gedung belum terlihat. Sebab itu, hal ini pula yang juga masih dalam perbincangan oleh Kemendikbud, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Dinas Pariwisata serta Ponpes Tebuireng.

“Museum ini kan memang belum sempurna, maka akan ditindak lanjuti, kapan rencananya akan dibuka kembali,” ujarnya.

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait