Lakukan Sidak, Petugas Tak Temukan Hewan Kurban Bermasalah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Lakukan Sidak, Petugas Tak Temukan Hewan Kurban Bermasalah

Satuchannel.com, Kota Malang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kota Malang melakukan sidak pemeriksaan hewan kurban di sekitar Jalan Langsep, Kota Malang, Selasa (29/8).

Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran hewan ternak yang tidak layak menjelang Idul Adha.

Satu-persatu hewan ternak diperiksa dengan teliti oleh petugas. Pemeriksaan hewan ternak ini, meliputi pemeriksaan gigi, untuk melihat umur hewan ternak dan pemeriksaan kesehatan tubuh seperti, mata, telinga, serta alat kelamin, yang menjadi syarat sahnya hewan kurban. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menanggulangi adanya penyakit menular, sebelum hewan disembelih.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Hilda Sari, mengatakan, dalam sidak yang dilakukan petugas kali ini belum menemukan hewan kurban yang terjangkit penyakit.

“Kami tidak menemukan hewan kurban yang mengidap penyakit, semuanya normal dan layak dijual,” katanya
Pemeriksaan hewan kurban di pasar-pasar dadakan atau Pasar Kaget di lima kecamatan Kota Malang akan dilakukan selama tiga hari hingga Rabu (30/8) mendatang.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli

“Pemeriksaan ini bertujuan agar hewan kurban yang dijual memenuhi kriteria sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkapnya

Sementara, Idul Adha sendiri diperkirakan berlangsung pada hari Jumat. Kemungkinan besar, kata Hilda, penyembelihan hewan kurban bisa jadi dilakukan satu hari setelah Idul Adha.(swan)

Kanal Terkait