Lagi-lagi PLN Tebar Diskon Listrik Sampai 50 Persen, Simak Lagi Rinciannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lagi-lagi PLN Tebar Diskon Listrik Sampai 50 Persen, Simak Lagi Rinciannya
STRAIGHT NEWS

Lagi-lagi PLN Tebar Diskon Listrik Sampai 50 Persen, Simak Lagi Rinciannya

Satukanal.com, Nasional – Kabar bahagia, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menyatakan kesiapan untuk memperpanjang diskon listrik sesuai keputusan pemerintah. Stimulus diberikan untuk kuartal II, dari April sampai Juni 2021.

Kesiapan perpanjang diskon listrik tersebut disampaikan Bob Saril selaku Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 22 Maret 2021, “Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar,” ujarnya.

Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai diskon listrik dari PLN, berikut adalah rincian stimulus diskon yang diberikan yaitu :

1. Pelanggan 450 VA

Diskon diberikan kepada para pelanggan dengan listrik 450 VA golongan rumah tangga, bisnis kecil, dan industri kecil. Diskon 50 persen tersebut diberikan kepada pembayaran tagihan (pasca bayar) atau pembelian token (pra bayar).

2. Pelanggan 900 VA

Diskon diberikan kepada para pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi. Diskon diberikan sebesar 25 persen saat pembayaran tagihan (pasca bayar) atau pembelian token (pra bayar) pada periode April hingga Juni 2021 mendatang.

Baca Juga :  Awas! Lokasi Tes Tak Sesuai Domisili Bisa Gagal Ikut UTBK-SBMPTN 2021

3. Pelanggan 1.300 VA

Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen. Ini berlaku bagi pelanggan PLN dengan pemakaian energi listrik di bawah ketentuan rekening minimum (40 jam nyala). Ini berlaku untuk pelanggan 1.300 VA ke atas dengan golongan sosial, bisnis, dan industri. Nantinya, pelanggan ini tetap membayar sesuai penggunaan energi listriknya.

4. Pelanggan Golongan Khusus

Selain itu, pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan Golongan Layanan Khusus. Ini disesuaikan dengan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)

5. Biaya Abonemen

Selain terdapat diskon tarif listrik, PLN juga akan melakukan pembebasan biaya beban atau abonemen sebesar 50 persen. Ini diberikan untuk pelanggan golongan sosial daya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA. Kemudian, pelanggan golongan bisnis dan industri 900 VA.

Baca Juga :  Harus Dihindari! Ini Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Bagi anda yang ingin menggunakan bantuan listrik gratis dan diskon listrik dari PLN, masyarakat pengguna listrik pra bayar (token) dapat melakukan klaim token dengan menggunakan 2 cara seperti berikut :

1. Melalui website www.pln.co.id

  • Buka website www.pln.co.id
  • Masuk ke menu ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
  • Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia
  • Kemudian, muncul token listrik gratis di layar
  • Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan
  • Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi.

2. Melalui aplikasi PLN mobile

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian info dan promo
  • Masukkan ID Pelanggan/Nomor meter
  • Token gratis akan muncul
  • Pelanggan kemudian tinggal memasukkan Token Gratis tersebut pada meteran sesuai dengan ID Pelanggan

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait