Kusir Kuda Tersenyum, Wisatawan Alun-Alun Kota Batu Mulai Ramai - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kusir Kuda Tersenyum, Wisatawan Alun-Alun Kota Batu Mulai Ramai
ilustrasi delman di alun-alun Kota Batu (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Pesona Kanal Straight

Kusir Kuda Tersenyum, Wisatawan Alun-Alun Kota Batu Mulai Ramai

Satukanal.com, Batu – Kembalinya riuh pariwisata Kota Batu perlahan pulih. Kondisi Alun-Alun Kota Batu turut mengalami peningkatan pengunjung tiap harinya, meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai.

“Alhamdulillah mulai ramai dari pada sebelum-sebelumnya. Kami sangat bersyukur,” ucap salah satu kusir delman area Alun-alun, Suwanto, pada tim Satukanal.com.

Ia mengaku, pendapatannya juga ikut naik seiring kenaikan pengunjung. Dalam sehari kini dia bisa sepuluh kali mengantarkan pelancong mengelilingi daerah Alun-alun. Jauh dibandingkan saat PSBB maupun PPKM yang sangat sepi.

Bahkan saat Kota Batu pada masa PSBB dan PPKM, dalam seharinya salah satu kusir delman Alun-alun mengaku sering tak mengangkut orang sama sekali, karena saking sepinya kondisi Alun-alun Batu pada saat itu.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Meningkat, RSL Soepraoen Siap Difungsikan

Sementara itu, Tarif yang dipatok untuk para pengunjung bisa berkeliling pun tidak mahal. Satu delmannya hanya dihargai sebesar Rp 50 ribu. Dengan Rp 50 ribu, pengunjung bisa berkeliling menyusuri beberapa kawasan di sekitar Alun-alun Kota Batu.

“Itu bebas orangnya berapa. Biasanya berkeliling lewat klenteng menuju Polsek Batu dan kembali lagi ke Alun-alun. Tapi biasanya kalau ada yang minta sampai Balaikota, juga saya turuti,” jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini ada kurang lebih 27 delman di area destinasi andalan Kota Apel ini. Ada yang memiliki delman pribadi dan ada pula yang hanya menjadi kusir.

Perkembangan zaman membuat masyarakat lebih menyukai wisata modern dan secara perlahan melupakan alat transportasi lama ini. Namun, tak jarang ada saja peminat yang jauh-jauh datang hanya untuk menikmati keindahan Batu dengan menaiki kereta kuda tersebut.

Baca Juga :  Bundaran Waru Diblokade, Banyak Warga Terpaksa Bolos Kerja

Mulai berputarnya roda ekonomi dirasa sangat menggembirakan bagi mereka. Pasalnya, hampir selama pandemi berlangsung mereka sangat kesusahan. Saat PSBB lalu, mereka terpaksa libur hingga dua bulan lamanya.

Kebutuhan ekonomi dan perawatan kuda kalang kabut dipenuhinya. Dengan pasrah menunggu kondisi segera kembali pulih. “Semoga tidak ada lagi pemberlakuan yang membuat kami terpaksa libur. Karena kebutuhan terus berlanjut. Semoga pandemi segera menghilang,” harapnya.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait