Kursi Lima Kadin Jombang Tak Terisi, Pengamat Khawatir ada Komersialisasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jabatan Guru Terancam Kosong di Kabupaten Kediri
Ilustrasi Jabatan Kosong (Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Kursi Lima Kadin Jombang Tak Terisi, Pengamat Khawatir ada Komersialisasi

Satukanal.com, Jombang – Kekosongan lima jabatan kepala dinas di Kabupaten Jombang menuai kritik dari pengamat politik birokrasi. Jika tidak segera terisi di khawatirkan akan ada komersialisasi jabatan.

Direktur Link (Lingkar Indonesia untuk Keadilan) Kabupaten Jombang, Aan Ansori mengatakan, kosongnya beberapa jabatan penting di lima dinas itu menuai presedence yang tidak baik, sebab Pemkab dianggap kurang transparan terkait pengisian itu.

“Setidaknya ada dua yang menurut saya ini selalu berulang-ulang, pertama, publik tidak terlalu mengetahui trasnparansinya menyangkut soal apa yang dibutuhkan oleh jabatan tersebut,” ucapnya saat dikonfimasi pada Sabtu (4/9/2021).

Kemudian yang kedua, publik juga tidak cukup tau mengapa pejabat-pejabat itu di remove dan tidak diteruskan lagi menjadi kepala dinas.

Baca Juga :  Proyeksi Tempat Baru PKL, Alun-alun Jombang Bersolek Sedot Miliaran Rupiah

Menurutnya proses yang terjadi tidak cukup transparan. Sehingga publik tidak mengetahui secara pasti dan berimplikasi pada faktor yang kedua.

“Khawatir saya, ini akan membuka peluang untuk komersialisasi jabatan. Saya sangat konsen dengan buruknya mekanisme mutasi ini yang mungkin saja bisa menyebabkan praktek komersialisasi,” tukasnya.

Sementara itu, terkait lima kursi kepala dinas yang kosong jabatan pasca mutasi besar-besaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang optimis akan segera terisi  menurutnya saat ini masih menunggu izin KASN.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli mengatan, terkait hal tersebut kini hanya tinggal menunggu izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Sudah kita proses, tinggal menunggu rekomendasi dari KASN,” katanya, Senin (6/9/2021).

Baca Juga :  Tinjau Lokasi Sekolah, Kadisdikbud Jombang : PTM Siap Digelar

Ia menambahkan, setelah mendapatkan rekomendasi dari KASN pusat turun, maka tahap selanjutnya tahap lelang bisa segera dimulai. “Panitia seleksi terbuka JPTP (Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama) sudah terbentuk. Dokumen juga sudah diajukan ke pusat,” ungkapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kekosongan lima kursi Kepala Dinas di Jombang menjadi banyak sorotan publik dari berbagai kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena adanya mutasi besar-besaran di badan pemerintahan.

Lima dinas tersebut diantaranya yaitu Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang (DPMPTSP), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian (Disperta), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah (PUPR).

 

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait