Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir Bandang Kota Batu, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Tetap Waspada - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir Bandang Kota Batu, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Tetap Waspada
Gubernur Khofifah Kunjungi Kota Batu yang terdampak banjir bandang (Foto : Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir Bandang Kota Batu, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Satukanal.com, Batu – Pada Kamis (4/11), pukul 14.00 WIB, banjir bandang menerjang Kota Batu, setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno.

Mengetahui adanya bencana tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bergegas mengunjungi lokasi terdampak serta memeriksa upaya penanganan bencana banjir bandang di Kota Batu.

Dalam kunjungannya yang dilakukan pada Kamis malam hingga Jumat pagi ini, dirinya memantau langsung proses evakuasi terutama penanganan kepada warga setempat saat tanggap darurat.

Selanjutnya Gubernur Khofifah juga menyampaikan beberapa instruksi penanganan banjir bandang yakni, keselamatan korban banjir bandang menjadi prioritas utama, sehingga proses pencarian dan penyelamatan, evakuasi harus dipercepat karena berburu dengan waktu.

Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur turut merilis data, dimana pencarian dan penyelamatan warga berjalan komprehensif. Namun, hingga kini masih ada 5 orang warga yang sedang dalam proses pencarian.

Baca Juga :  Strategi Pemkot Batu Mengantisipasi Banjir Bandang Susulan


Selain upaya penyelamatan pada korban, pihaknya juga sedang memaksimalkan pembersihan sampah melalui eskavator dan dump truck agar lebih cepat. Karena banyaknya tumpukan material yang terbawa banjir bandang beragam seperti kayu, batu yang berukuran besar yang masih banyak tersebar.

Guna menjamin ketersediaan konsumsi, dapur umum sejak tadi malam sudah berfungsi. Khofifah juga membawa sejumlah paket bantuan berupa sembako, beras, lauk pauk, terpal, tandon lipat, kompor, selimut, family kit, kids ware, dan kantong jenazah.

“Tadi pagi saya menyerahkan santunan takziyah kepada ahli waris dua orang yang dinyatakan meninggal dunia serta beberapa bantuan logistik dan peralatan untuk percepatan penanganan,” ujarnya.

Baca Juga :  Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Pemkot Batu Bentuk Tim Khusus

Untuk percepatan pembersihan, Khofifah mengimbau agar seluruh masyarakat dapat bergotong royong agar kondisi lingkungan dapat kembali normal seperti semula.

“Ayo, bersihkan saluran-saluran air di lingkungan rumah masing-masing, pangkas pohon yang rawan tumbang/roboh, pastikan selokan tidak mampet, dan stop buang sampah ke sungai apapun itu jenisnya. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi Jawa Timur dari marabahaya bencana alam. Aamiin,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga berpesan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan terhadap fenomena La Nina yang diprakirakan mencapai puncaknya di penghujung tahun 2021.

“BMKG mewanti-wanti terhadap potensi bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dsb) akibat meningkatnya curah hujan yang diprediksi mencapai 20-70 persen,” tutupnya.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait