Kuatkan Literasi Kesehatan, Dinkes Malang Gelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Renja - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kuatkan Literasi Kesehatan, Dinkes Malang Gelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Renja
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kuatkan Literasi Kesehatan, Dinkes Malang Gelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Renja

SATUKANAL.com, MALANG– Bertempat di Ijen Suite Resort Malang, Kamis (25/02/2021) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar forum perangkat daerah rancangan rencana kerja (Renja) Tahun 2022.

Forum perangkat daerah ini merupakan wadah komunikasi, koordinasi, sinkronisasi, dan juga sinergi antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program, kegiatan, sub kegiatan perangkat daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Walikota Malang Drs. H. Sutiaji yang hadir sebagai keynote speaker menyampaikan pentingnya literasi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan. “Ini harus kita kuatkan,  tolong literasi tentang Kesehatan harus selalu kita dengungkan” ujarnya.

Sutiaji menyebut bahwa penting adanya untuk bisa dekat dengan rakyat. Katanya, yaitu dengan cara memberikan literasi terus menerus dan juga melakukan penguatan puskesmas pembantu dan puskesmas induk.

Baca Juga :  Kabar Baik, Kemudahan Sewa Lapangan Hanya Dengan Aplikasi Simbah-e

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Malang sendiri memiliki pagu indikatif besar, akan tetapi yang terbesar untuk  membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam setahun.

Untuk saat ini, Kota Malang juga sudah mengikuti program Universal Health Coverage (UHC). Adapun, seluruh penduduk di Kota Malang sudah terdaftar, termasuk warga yang belum menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

“121 untuk BPJS, masyarakat harus tahu bahwa BPJS itu bayarnya sudah 121 Milyar,” ungkapnya menerangkan. .

Baca Juga :  Stasiun Malang Berlakukan Tarif Baru Tes Genose C19

Tak hanya itu, Pemkot Malang juga akan mengusulakan untuk menjadi pilot projject vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Sedangkan untuk saat ini, Pemerintah Kota Malang masih mempersiapkan semuanya. “Pedagang pasar didata, tokoh agama pegiat-pegiat sosial didulukan, nanti 10 ribu vaksin dalam satu tempat,” tambah Sutiaji.

Nantinya, Dinkes Kota Malang akan fokus pada Indeks Kesehatan Masyarakat. “Yang pasti untuk akses layanan kesehatan kepada masyarakat harus kita tingkatkan dalam rangka untuk meningkatkan derajat kesehatan,” ujat Sri Winarni, Plt. Kepala Dinkes Kota Malang.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait