KPU Kabupaten Kediri, Tetapkan Dhito-Dewi Menang di Pilbup Kediri 2020 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KPU Kabupaten Kediri, Tetapkan Dhito-Dewi Menang di Pilbub Kediri 2020
BERITA

KPU Kabupaten Kediri, Tetapkan Dhito-Dewi Menang di Pilbup Kediri 2020

Satukanal.com, Kediri Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menetapkan Pasangan Calon Hanidhito Himawan Pramono – Dewi Mariya Ulfa (Dhito-Dewi), sebagai pemenang kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri (Pilbup) tahun 2020, Jumat (22/01/2021).

Penetapan tersebut dilakukan setelah melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih di Ruang Kilisuci, Pemerintah Kabupaten Kediri. Lebih lanjut, Paslon terpilih Hanidhito Himawan Pramono – Dewi Mariya Ulfa akan melakukan tahap pelantikan secara resmi, oleh Gubernur Jawa Timur.

“Dikatakan keabsahan-nya sudah terpilih dan ditetapkan. Nantinya setelah dilantik Gubernur, insyallah Februari. Karena dari akhir masa jabatan Bupati lama tanggal 17 Februari,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri, Anwar Ansori, saat jumpa media, Jumat (22/01/2021).

Baca Juga :  Memprihatinkan, Puluhan Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kediri Terpapar Covid-19

Dia juga mengungkapkan, penetapan Paslon terpilih dilakukan dari berbagai tahapan. Setelah ditetapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota melalui Mahkamah Kontitusi (MK). Selanjutnya MK bersurat ke KPU RI, dan menurunkan surat ke KPU Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut setelah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kediri, akan dilanjutkan untuk pengusulan ke anggota DPRD. Untuk melakukan koordinasi dalam pelantikan Surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Jatim.

Baca Juga :  Jualan Online Tak Peroleh Hasil, Pedagang Hewan Qurban di Kediri Kembali ke Pasar

“Alhamdulillah proses penetapan Paslon terpilih telah selesai. Sehingga, kewajiban kami memberikan Berita Acara (BA) ke Paslon Pimpinan Partai, Bawaslu, dan KPU RI,” terangnya.

Sementara itu, Calon Bupati Kediri, Hanidhito Himawan Pramono, mengungkapkan penetapan Paslon ini menjadi hal yang ditunggu. Dilakukan penetapan turunan surat dari MK dan tidak ada penambahan gugatan.

“Penetapan yang ditunggu-tunggu dan sudah ditetapkan oleh komisioner KPU kabupaten Kediri, sebab sudah tidak ada gugatan dan ada surat dari MK. Jadi tinggal menunggu pelantikan,” tutupnya. (Adv)

Kanal Terkait