KPU Kabupaten Kediri Musnahkan 5.941 Surat Suara Rusak, di Pilbup Kediri 2020 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KPU Kabupaten Kediri Musnahkan 5.941 Surat Suara Rusak, di Pilbup Kediri 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

KPU Kabupaten Kediri Musnahkan 5.941 Surat Suara Rusak, di Pilbup Kediri 2020

SATUKANAL.com, KEDIRI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, melakukan pemusnahan sebanyak 5.941 lembar surat suara rusak, menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020.

Surat suara yang masuk kategori rusak paling banyak terdapat kesalahan cetak pada penulisan. Selain itu huruf cetakan berbayang, dikhawatirkan kurang jelas untuk dilakukan pembacaan oleh pemilih. Serta adanya coretan tinta juga termasuk dalam kategori surat suara rusak.

“Kita sudah minta diganti oleh PT Temrina, untuk mengganti surat suara yang rusak. Ditambah dengan kekurangan surat suara kemarin sebanyak 57 lembar. Jadi sebanyak 5.941 ditambah 57 lembar, total 5.998 surat suara,” kata Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi, Selasa (08/12/2020).

Baca Juga :  Peninggalan Masa Tertua Kediri, Situs Tondowongso Jadi Prioritas BPCB Jatim

Ninik juga mengungkapkan, setelah pengambilan surat suara pengganti ke PT Temrina dilanjutkan melakukan pelipatan surat suara kembali. Hingga pelipatan selesai, bergeser ke gudang penyimpanan Gogorante dan Lima-lima dan dimasukkan ke kotak suara.

Disebutkan juga untuk distribusi logistik kotak suara sudah diselesaikan pada tanggal 6 dan 7 Desember, lalu. Untuk hari ini, Selasa (8/12) dilakukan penggeseran PPK ke PPS di Kabupaten Kediri.

“Alhamdulillah tanggal 6, sejumlah 13 Kecamatan sudah kita selesaiakan. Dilanjut tanggal 7, juga sejumlah 13 Kecamatan sudah kita lakukan distribusi logistik,” ucapnya.

Baca Juga :  Awas! Ini Daerah Berpotensi Angin Puting Beliung di Kabupaten Kediri

Perlu diketahui untuk Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kediri 2020, terdapat jumlah total sebanyak 3311 Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang ada di kabupaten Kediri.

Ninik juga menghimbau kepada PPS dan PPK, untuk membuat desain TPS ramah untuk penyandang Difabel. “Untuk TPS, kita sampaikan agar dibuat ramah untuk Difabel. Juga disarankankan lokasi TPS permanen, dipastikan aman dari situasi apapun, apalagi ini musim penghujan,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait