KPU Kabupaten Kediri Fasilitasi 4.138 Pemilih Disabilitas | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KPU Fasilitasi 4.138 Pemilih Disabilitas di Pilbub Kediri 2020
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

KPU Kabupaten Kediri Fasilitasi 4.138 Pemilih Disabilitas

SATUKANAL.com, KEDIRI  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri memfasilitasi Disabilitas yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020.

Fasilitas tersebut diantaranya sosialisasi dan pendidikan pemilih disabilitas, melibatkan dalam pelaksanaan sebagai penyelenggara dan relawan, menyediakan pengunaan alat bantu menggunakan hak pilih, dan desain TPS yang memberi kemudahan akses bagi pemilih.

“Kalau disabilitas, misalkan bagi yang tunadaksa kita buatkan TPS yang datar. Apabila yang Tunanetra, kita akan fasilitasi pendamping pemilih,” ucap Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data, dan Informasi, Eka Wisnu Wardana, Senin (19/10/2020).

Baca Juga :  Polresta Kediri Persiapan Gelar Apel PAM Nataru 2021

Sementara itu, hasil data dari KPU Kabupaten Kediri, DPT pemilih disabilitas pada Pilbup Kediri tahun 2020 sebanyak 4.138 pemilih. Hasil tersebut berasal dari empat kategori yakni disabilitas fisik, intelektual, mental, dan sensorik.

Dijelaskan oleh Wisnu, macam-macam bentuk disabilitas yang akan menggunakan hak pilihnya seperti disabilitas fisik seperti Amputasi, lumpuh, akibat kusta, akibat stroke, dan orang kerdil. Dan disabilitas intelektual seperti Tuna Grahita dan Down Symdrome.

Dilanjutkan kategori disabilitas mental seperti Psikososial, gangguan kepribadian, autis, dan hiperaktif. Dan yang terakhir disabilitas sensorik seperti Tunarungu, Tunawicara, dan Tunanetra.

Baca Juga :  Jabatan Guru Terancam Kosong di Kabupaten Kediri

Dari data tersebut didapatkan rincian sebanyak 1.568 pemilih fisik, intelektual 331 pemilih intelektual, 985 pemilih mental, dan 1.254 pemilih sensorik.

“Kita sudah deteksi setiap TPS ada berapa disabilitas. Nanti kita prioritaskan dan akan fasilitasi penuh,” ungkap Wisnu.

Menurut Wisnu, dari jumlah tersebut hampir sama seperti tahun kemarin. Hanya saja kali ini bertambahnya data, seperti teman-teman yang sedang melakukan isolasi atau penyembuhan kasus Covid-19 di rumah sakit.

“Prinsipnya KPU akan memfasilitasi semua pemilih DPT, disabilitas, pindah pilih, maupun yang sedang perawatan di rumah sakit,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal 

Kanal Terkait