SATUKANAL.COM
KPU Pendaftaran Cabup
Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri oleh KPU
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN LIPUTAN KHUSUS POLITIK STRAIGHT NEWS

KPU Kabupaten Kediri Akan Perpanjang Masa Pendaftaran Cabup

SATUKANAL, KEDIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri masih terus melanjutkan pendaftaran Bakal Cabup dan Cawabup Kediri 2020 meski 9 Partai Politik telah habis(05/09/2020).

Keseluruhan Sembilan Partai Politik (Parpol) sudah menyatakan dukungan politik terhadap pasangan Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa. Secara otomatis dukungan kursi di DPRD telah habis, dan memungkinkan untuk bakal calon pasangan tunggal.

Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri mengatakan, KPU masih menungu Sampai tanggal 6 September hingga pukul 24.00 WIB.

“Sesuai mekanisme peraturan pendaftaran yang ada, pendaftaran akan dibuka hingga tanggal 6 September 2020,” jelasnya.

Baca Juga :  Penggiat Sejarah Menduga Temuan Situs Jerukwangi Peninggalan Kerajaan Panjalu

“Nanti kita tutup pendaftaran dulu. Apabila masih hanya satu pasangan calon, kita lakukan perpanjangan pada tanggal 7, 8, dan 9 untuk sosialisasi,” Lanjutnya.

KPU perpanjangan pendaftaran Cabup dan Cawabup tersebut kata Ninik dilakukan jika nantinya ada Parpol yang memindahkan dukungan ke pasangan Bakal Calon Bupati yang lain.

“Sosialisasi ini merupakan kewajiban yang dilakukan KPU, bertujuan untuk kemungkinan parpol mempunyai pilihan lepas dari koalisi dan mengusung paslon lain,” lanjutnya.

Kepada Satukanal Ninik juga menerangkan, hasil sosialisasi nantinya segala keputusan akan dikembalikan ke Partai Politik.

“Kita perpanjang pendaftarannya untuk memungkinkan sembilan Parpol pengusung tersebut bisa lepas, tetapi semua keputusan dikembalikan ke Parpol,” terangnya.

Baca Juga :  Sempat Menunggu 4 Jam Karena Kendala Surat Rekomendasi, Pendaftaran Dhito – Dewi Akhirnya Sukses

Setelah sosialisasi akan dilakukan tahapan pendaftaran kembali bagi Bakal Calon Bupati, hingga Penetapan Calon pada tanggal 23 September 2020.

Berikut Mekanisme Pendaftaran Bakal Calon Calon Bupati dan Wakil Bupati 2020:

  • Pengumuman Pendaftaran :Tanggal 3, 4, dan 5 September 2020
  • Perpanjangan dan Sosialisasi :Tanggal 7, 8, dan 9 September 2020
  • Pengumuman dan Daftar Ulang: Tanggal 10,11, dan 12 September 2020
  • Penetapan Pasangan Calon 23 September 2020.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait