SATUKANAL.COM
KPU Kabupaten Kediri Tetapkan Laporan Dana Kampanye Sebesar 30.084.100.000 Milyar
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

KPU: Batas Dana Kampanye Kabupaten Kediri Sebesar 30.084.100.000 Miliar

SATUKANAL.com, KEDIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, menetapkan batas maksimal dana kampanye untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 sebesar 30.084.100.000 Miliar.

Besaran nilai batas maksimal tersebut dapat di akses dihalaman Info Pemilu KPU RI. Pengamatan Satukanal.com, dari 19 Kabupaten dan Kota penyelenggaraan pilbup Kabupaten Kediri menduduki peringkat 6 terbesar wilayah Jawa Timur.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Anshori mengatakan, perolehan besaran nilai tersebut dihitung dari beberapa faktor. Namun berapapun hasil realisasi penyetoran dana kampanye nanti, dikembalikan ke pihak paslon.

“Karena memang ada penerjemahan beberapa faktor dari pembatasan nilai dana kampanye seperti kemungkinan adanya kegiatan, frekuensi, berapa peserta, dan dikali harga satuan. Cuma realisasi belum tau, misalkan terealisasi 5 Milyar juga enggak masalah,” kata Anwar.

Baca Juga :  Diduga Tak Akur, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Kediri Diganti

Sebagaimana pelaporan tersebut, paslon diberi waktu batas akhir pelaporan batas Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) terakhir pada tanggal 31 Oktober 2020.

“Mekanismenya menyampaikan ketika ada kekurangan, biaya pengeluaran, itu nanti disampaikan di tanggal 31 Oktober. Kemudian kita umumkan pada tnggal 1 November, baru Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) nya kita sampaikan setelah kampanye,” lanjutnya.

Anwar juga menjelaskan terkait aturan sanksi untuk jadwal pelaporan dana kampanye nanti, tidak akan mempengaruhi kelangsungan pencalonan Paslon.

“Sebenarnya memang enggak ada kaitannya untuk menggagalkan pencalonan paslon. Disitu memang ada aturan terkait bila didapat telat waktu untuk pelaporan. Jadi seperti apapun hasil audit nanti, sanksi nya hanya patut dan tidak patut saja,” jelasnya.

Baca Juga :  Komisioner KPU Kabupaten Kediri Ditantang Sumpah Pocong

Selain itu, diungkapkan juga untuk aturan nilai maksimal LPSDK yang dapat dilakukan oleh Paslon. Dana kampanye dapat bersumber dari Paslon sendiri, serta tim pemenangan, badan hukum, dan Partai Politik (Parpol).

“Dari Paslon ada, kemudian dari  tim pemenangan, dan badan hukum. Untuk besaran nilai perorangan maksimal 75 juta per orang , dari badan hukum masing-masing hanya boleh maksimal 750 juta, kemudian dari Parpol juga masing-masing maksimal 750 juta,” tutup Anwar.

Diketahui penyelenggaraan kontestasi Pemilu 2020 oleh KPU Kabupaten Kediri ini telah menetapakan aturan pemilihan calon tunggal. Sehingga nanti pada pemilihan nanti pada tanggal 9 Desember 2020, hanya muncul satu Paslon yakni Hanindhito Himawan Pramono – Dewi Maria Ulfa.

Pewarta : Anis Firmansyah

Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait