KPK Geledah 3 Kantor Dinas Pemkot Batu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KPK Geledah 3 Kantor Dinas Pemkot Batu
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

KPK Geledah 3 Kantor Dinas Pemkot Batu

SATUKANAL.com, BATU– Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah kantor di lingkungan pemerintah Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu (6/01/2021).

Perihal tersebut, Plt juru Bicara KPK  Ali Fikri mengatakan penggeledahan itu terkait kasus dugaan gratifikasi di Pemerintah Kota Batu tahun 2011-2017 yang tengah disidik oleh KPK.

“Memang benar, hari ini ada kegiatan penggeledahan oleh KPK di kantor Dinas PUPR, Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Batu,” ungkap Ali.

Ali menyebut bahwa kasus gratifikasi ini merupakan pengembangan dari kasus suap yang menjerat mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Baca Juga :  Rangkul Kaum Millenial, Sawahrojo Art Farming jadi Sawah Modern

Ia menyebut jika KPK juga telah memeriksa dua orang saksi pada hari sebelumnya, Selasa (5/01/2021). Mereka yaitu pemilik PT Gunadharma Anugerah Moh Zaini dan mantan pengurus rumah tangga Edy, Kristiawan.

Sebelumnya, diketahui Eddy telah divonis bersalah menerima suap senilai Rp 295 juta dan satu unit Toyota Alphard senilai Rp 1,6 miliar dari pengusaha Filiput Djap.

Atas hal tersebut, Eddy telah dijatuhi hukuman 5,5 tahun penjara serta denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan oleh majelis kasasi Mahkamah Agung pada 2019 lalu.

Baca Juga :  Mudah dan Indah Perawatan Anggrek

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Agus Mahmudi membenarkan ada kegiatan KPK di Balai Kota Among Tani. Namun Agus tak mengetahui alasan KPK melakukan penggeledahan. Agus sendiri mengaku masih ada kegiatan sehingga tak bisa berkomentar banyak.

“Mohon maaf masih ada kegiatan. Iya benar (ada kegiatan KPK),” kata Agus yang dilansir dari detik.com.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait