Kota Termacet Indonesia 2021 adalah Surabaya, Kalahkan Jakarta!
SATUKANAL.COM
kota termacet indonesia 2021
ilustrasi kemacetan yang terjadi di Indonesia (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Surabaya Jadi Kota Termacet Indonesia 2021, Kalahkan Jakarta!

Satukanal.com, Nasional– Surabaya menjadi kota termacet Indonesia pada 2021. Hal ini berdasarkan pada penelitian INRIX yang merupakan perusahaan analisis data lalu lintas dalam Global Traffic Scorecard 2021.

Pada penelitian Global Traffic Scorecard 2021, INRIX mengidentifikasi beberapa area perjalanan di dalam kota dan menangkap profil mobilitas unik masing-masing kota.

Menggunakan data lalu lintas di beberapa sub area perjalanan di dalam kota, Global Traffic Scorecard 2021 menghitung waktu yang hilang dalam kemacetan.

Hasil penelitian INRIX tersebut tentu saja membuat banyak orang tak mengiranya. Bagaimapun juga, selama ini banyak yang menganggap bahwa Jakarta lah yang menjadi kota termacet di Indonesia.

Selain berada di peringkat pertama kota termaacet di Indonesia, Surabaya juga menempati peringkat 41 kota termacet di dunia. Dalam temuannya, INRIX menyebut bahwa orang-orang telaah kehilangan 62 jam dalam kemacetan di Surabaya.

Sedangkan Jakarta berada di peringkat kedua kota termacet di Indonesia dan peringkat ke-222 kota termacet di dunia. Pengedara di Jakarta setidaknya kehilangan 28 jam dalam kemacetan di Jakarta.

Baca Juga :  Hendak Dijemput Paksa, Dua Aktivis Haris dan Fatia Datangi Polda Metro Jaya

Selanjutnya,  Peringkat tiga kota termacet di Indonesia dan peringkat 291 kota termacet di dunia adalah Denpasar. Selama terjadi kemacetan di kota ini, para pengendara telah kehilangan 31 jam.

Tak hanya itu, Malang juga termasuk sebagai lima besar kota termacet di Indonesia. Malang berada di peringkat keempat kota termacet di Indonesia.

Kota ini juga meraih peringkat 334 kota termacet di dunia. Penelitian INRIX menunjukkan pengendara di Malang telah kehilangan 29 jam selama kemacetan di kota ini.

Kemudian, yang menempati peringkat kelima kota termacet di Indonesia diraih Bogor. Bogor juga berada di peringkat 821 kota termacet di dunia. Pengendara di Buitenzorg, julukan Bogor, tercatat telah kehilangan tujuh jam selama kemacetan di kota itu.

Perhitungan Kota Termacet Indonesia 2021 Versi INRIX

Adapun perhitungan Global Traffic Scorecard Inrix diperoleh dari perhitungan kehilangan waktu dengan menganalisis data kecepatan puncak saat lalu lintas padat dan kecepatan saat lalu lintas lancar.

Baca Juga :  Harga Emas Antam Hari Ini Melonjak, Jadi Rp948 per Gram

Total waktu yang hilang adalah perbedaan waktu perjalanan yang dialami selama periode puncak jam sibuk dibandingkan dengan kondisi arus bebas per pengemudi.

Artinya, ini adalah perbedaan antara mengemudi selama jam sibuk versus mengemudi di malam hari dengan sedikit kepadatan kendaraan.

Inrix menggabungkan data anonim dari kumpulan data yang beragam seperti ponsel, mobil, truk, dan kota yang menghasilkan wawasan yang kuat dan akurat.

Data yang digunakan dalam Global Traffic Scorecard 2021 adalah status kemacetan atau tidak macet dari setiap segmen jalan untuk setiap menit dalam sehari.

Global Traffic Scorecard Inrix juga menggunakan data penyelidikan GPS anonim untuk mengidentifikasi rute dan tujuan yang paling sering dikunjungi di seluruh wilayah.

Hal tersebut dilakukan guna menciptakan gambaran perjalanan yang lebih akurat untuk suatu wilayah, tidak hanya ke dan dari pusat kota. (Adinda)

Kanal Terkait