SATUKANAL.COM
BERITA

Kota Malang Tegaskan Komitmen Jalankan Stranas Pencegahan Korupsi

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen menjalankan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang saat ini sedang digencarkan. Tujuannya, melalui kebijakan nasional yang fokus pada pencegahan itu, diyakini Indonesia akan mampu terbebas dari praktik korupsi.

Melalui Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah – Nasional (Rakorwasdanas 2019) terkait Stranas PK dilaksanakan di Hotel Sunan, Solo, pada 25 – 26 September 2019, Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan Stranas PK memiliki payung hukum. Yaitu Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018. Stranas PK memiliki tiga fokus utama, yakni dalam bidang perizinan dan tata niaga, keuangan negara, serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Pria berkacamata itu menegaskan, Pemkot Malang berkomitmen terhadap menjalankan aksi penecegahan korupsi yang tertuang dalam Stranas PK. Beberapa kebijakan terkait reformasi birokrasi, keuangan daerah, serta bidang perizinan sudah dijalankan dan mengarah seperti amanat dalam Stranas PK.

“Termasuk dalam bidang perizinan, kami sudah komitmen memaksimalkan layanan publik sesuai aturan perundangan dalam Dinas PTSP. Nantinya bidang izin usaha akan disenergikan dengan OSS dari pemerintah pusat,” kata Sutiaji.

Terkait dengan komitmen Pemerintah Kota Malang dalam hal aksi pencegahan korupsi dalam bidang keuangan daerah, Sutiaji menegaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mengembangkan digitalisasi layanan yang di dalamnya termasuk sistem e-budgeting. “Kami juga mendorong adanya transparansi dalam penyusunan e-budgeting. Hal ini adalah satu cara untuk mencegah korupsi karena layanan ini bisa diakses oleh masyarakat,” tandasnya.

Bukan itu saja. Jpaya reformasi birokrasi untuk meningkatkan layanan publik juga terus digenjot oleh Pemerintah Kota Malang. Salah satunya adalah dengan meningkatkan budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) serta aplikasi merit system dalam pengisian jabatan.

Wali kota Malang juga menekankan penguatan peran Inspektorat untuk pengawasan internal dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi. “Pada intinya Pemkot Malang sangat mendukung program Stranas PK yang nantinya akan diaplikasikan dalam aksi pencegahan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Malang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Rakordawasnas 2019 yang digelar di Solo mengusung tema “Aparatur Pengawasan Unggul Mencegah Korupsi” ini dihadiri oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata serta Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

Kanal Terkait