Kota Malang Targetkan Smart City Terwujud di Seluruh Aspek Pada 2022 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kota Malang Targetkan Smart City Terwujud di Seluruh Aspek Pada 2022
STRAIGHT NEWS

Kota Malang Targetkan Smart City Terwujud di Seluruh Aspek Pada 2022

Satukanal.com, Malang Pemerintah Kota Malang terus berupaya untuk mewujudkan Kota Malang menjadi Smart City. Namun, pada tahun 2021 ini, rencana mewujudkan smart city menyeluruh di seluruh aspek masih belum dapat terpenuhi.

Upaya Pemkot Malang untuk menyelenggarakan program smart city yang telah di gaungkan sejak tahun 2014 lalu, yakni dengan penerapan smart governance di Kota Malang seperti, App. Ker, SURADI, SIPD, Dashboard, SAMBAT, Si Bansos, Si Preti Berbasis Mobile, SIM PKK, SIM Izol, E-Parkir, Si-PTL serta SIM Kesehatan Hewan.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyoroti penerapan smart governance di Kota Malang. Ia berharap program smart city yang sudah digaungkan sejak 2014 dapat terlaksana secara menyeluruh pada tahun 2022.

Sementara itu, Sutiaji juga menyampaikan, salah satu upaya mewujudkan smart city di Kota Malang dengan dibentuknya Kelembagaan Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang didasari dengan Surat Keputusan Wali Kota Malang No. 209/2019.

Baca Juga :  Penjualan Kripik Usus Kediri, Tembus Luar Negeri

Adanya SK Wali Kota Malang tersebut, program smart city digalakkan dengan mengkolaborasikan kompetensi yang berbasis Pentahelix atau meliputi unsur Akademisi, Bussiness atau Pembisnis, Komunitas atau Masyarakat, Pemerintah dan Media.

Hingga tahun 2021 ini, Pemkot Malang juga telah menggunakan sistem pelayanan publik berbasis digital dari aspek ekonomi atau smart economy, seperti adanya MALPRO (Malang Beli Produksi Lokal), termasuk pemberlakuan sistem digitalisasi di pasar rakyat dengan metode pembayaran cashless.

“Nantinya terus akan mengarah kepada smart-smart yang lain, seperti smart living, smart informannya, smart economy. Kita kuatkan sekarang ya smart economy, karena pasar kita sudah pasar global” ujarnya.

Pemkot Malang juga telah melakukan pemasangan 551 Wifi di semua titik RW yang ada di Kota Malang. Fasilitas pemasangan wifi tersebut juga dapat mempermudah masyarakat Kota Malang untuk mengakses beberapa fitur pelayanan Pemkot Malang secara digital.

Baca Juga :  5 Pantai di Malang Punya Ombak Ciamik Cocok Untuk Surfing

Penguatan layanan publik berbasis teknologi saat ini menjadi isu yang tidak bisa ditawar. Terlebih hadirnya pandemi Covid-19 menuntut pemerintah selaku penyedia layanan publik dan masyarakat sebagai pengguna untuk sama-sama beradaptasi dan melek teknologi.

Pemkot Malang juga telah melakukan kejasama dengan pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang. Dalam hal ini Diskominfo Kota Malang siap mewujudkan percepatan integrasi berbagai sistem informasi layanan publik yang tersebar di berbagai perangkat daerah.

Smart governance yang telah digaungkan Wali Kota Malang, ditargetkan terealisasi tahun 2022. Sehingga masyarakat semakin mudah dan cepat mengakses berbagai pelayanan publik,” ujar Plt. Kepala Diskominfo Kota Malang, Erik Setyo Santoso.

Diskominfo juga akan memperkuat komunikasi kebijakan dan potensi daerah melalui pendekatan pentahelix, sebagai upaya mendukung sinergi kebijakan daerah dan komunikasi dua arah yang konstruktif.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait