Korsleting Listik Dominasi Penyebab Kebakaran di Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Korsleting Listik Dominasi Penyebab Kebakaran di Malang
STRAIGHT NEWS

Korsleting Listik Dominasi Penyebab Kebakaran di Malang

SATUKANAL.com, MALANG– Selama tahun 2021 ini, total ada 13 kebakaran baik dalam skala kecil maupun besar yang terjadi di Kota Malang. Hal ini disampaikan oleh Teguh Budi Wibowo selaku Kepala UPT Damkar Kota Malang.

Teguh mengatakan, kebakaran yang sempat terjadi di SPBU Buring di Jalan Mayjen Sungkono pada 18 Maret 2021 lalu merupakan salah satu contoh kebakaran besar yang terjadi di Kota Malang. Kebakaran besar lainnya yang juga pernah terjadi yakni menimpa bangunan semi permanen gudang mebel di Jalan Saxophone pada 6 Februari 2021 lalu.

Dari hasil perinciannya, Teguh menyebut bahwa kebakaran di tempat usaha terjadi sebanyak enam kali, kebakaran di rumah sebanyak empat kali serta kebakaran kabel listrik terjadi sebanyak tiga kali. Menurutnya, mayoritas kebakaran akibat korsleting listrik.

“Kebakaran mayoritas diakibatkan oleh adanya korsleting listrik di dalam rumah maupun dari luar rumah, meski perinciannya hanya ada tiga kabel listrik yang mengalami kebakaran,” ungkapnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat mencegah kebakaran akibat korsleting listrik. Teguh mengungkapkan masyarakat harus melihat dan memperhatikan kondisi kabel listrik di rumahnya. “Perhatikan dan periksa instalasi listrik sedini mungkin, terutama di sambungan, saklar dan stop kontak,” terangnya.

Selain itu, kebakaran juga terjadi karena banyaknya warga yang tidak menggunakan kabel berstandar. Padahal risiko memakai kabel listrik tidak sesuai standar sangat besar. “Seperti saat kebakaran di Ciptomulyo, saya melihat banyak kabel tidak standar. Misalnya arus listrik tinggi tapi pakai serabut tipis,” katanya.

Teguh mengatakan bahwa pemakaian kabel yang tidak sesuai standar sangat beresiko. Terlebih, jika terjadi hujan dan ada kebocoran di dalam rumah. Dikhawatirkan kabel akan terkelupas dan menjadi penyebab kebakaran.

“Jika terjadi bocor di tembok dan kabelnya terkelupas, maka akan ada hubungan arus disitu. Seperti halnya, beberapa hari yang lalu ada anggota kita yang terkena sengatan listrik karena ada kabel yang terkeupas.

Tak lupa, Teguh menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak meninggalkan rumah lebih dari satu hari untuk melepas semua saluran listrik yangada di rumahnya. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya terjadinya korsleting listik yang bisa menyebabkan asal mula terjadinya kebakaran.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait