Korban Pohon Tumbang Malang Bisa Ajukan Klaim, Ini Caranya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Korban Pohon Tumbang Malang Bisa Ajukan Klaim, Ini Caranya
BERITA

Korban Pohon Tumbang Malang Bisa Ajukan Klaim, Ini Caranya

Satukanal.com, Malang – Di bulan Maret ini, hujan deras disertai angin kencang selain menyebabkan pohon tumbang yang terjadi dibeberapa kawasan Kota Malang. Adanya kejadian tersebut, juga turut merusak beberapa kendaraan warga yang sedang terparkir bahkan menyebabkan seseorang mengalami luka-luka.

Adanya tragedi ini Pemerintah Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, juga turut mengambil sikap. Khususnya, terkait bantuan yang bisa diajukan korban kepada Pemkot Malang.

Wahyu Setianto selaku Kepala DLH Kota Malang mengatakan “Santunan bagi korban ada. Pemkot Malang mengupayakan ada asuransi, tapi memang jumlahnya tidak banyak” ujarnya.

Kadin DLH Kota Malang ini juga menjelaskan bahwa, untuk mendapat santunan, korban harus menyerahkan beberapa persyaratan yang nantinya dapat diproses. Persyaratan tersebut diantaranya :

  1. Datang ke kantor DLH Kota Malang
  2. Korban mengisi form klaim ganti rugi
  3. Menyertakan Fotocopy KTP
  4. Menyertakan Fotocopy STNK
  5. Foto kerugian akibat pohon tumbang
Baca Juga :  Besok, FIA UB Selenggarakan International Conference on Business Public Administration

Dalam pengadaan santunan bagi korban, DLH Kota Malang juga akan bekerjasama dengan pihak asuransi. Namun, untuk nominal santunan tersebut, masih dalam tahap pertimbangan dan perhitungan dari pihak asuransi dan DLH Kota Malang.

Pengadaan santunan bagi korban pohon tumbang, Wahyu menyampaikan sampai saat ini, belum ada korban yang mengajukan klaim ganti rugi kepada DLH Kota Malang.

Sementara itu, Kuncahyani selaku Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DLH Kota Malang menyampaikan, pihaknya masih akan terus menunggu korban atau perwakilan korban datang ke kantor DLH Kota Malang untuk mengajukan klaim ini.

“Belum ada korban atau perwakilan korban datang untuk mengajukan klaim ganti rugi akibat pohon tumbang. Kami masih terus menunggu hingga sekarang. Kami berharap, agar korban atau perwakilan korban segera datang mengurus asuransi pohon tumbang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Siswa SDN Tanjungrejo 5 Ikuti Imunisasi dari Puskesmas

Kuncahyani menyampaikan, besaran nilai pertanggungan asuransi maksimal Rp 15 juta. Jika angka kerusakan lebih dari itu, maka tetap dibayar senilai pertanggungan asuransi maksimal. Sehingga, apabila korban kalim kerusakan senilai Rp 20 juta, maka tetap yang dibayarkan asuransi adalah Rp 15 juta.

Selain itu dirinya menambahkan, asuransi pohon tumbang juga berlaku bagi manusia. Jadi bukan hanya korban materil saja, namun korban jiwa akibat pohon tumbang juga ditanggung asuransi.

“Contoh misalnya korban mengendarai sepeda motor lalu tertimpa pohon tumbang. Korban mengalami luka luka dan sepeda motor rusak. Maka asuransi akan menanggung kerusakan sepeda motor, juga sekaligus menanggung perawatan korban jiwa,” ungkapnya.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait