Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kebakaran Maut Lapas Tangerang, 41 Orang Tewas Termasuk Dua WNA di Dalam Blok yang Kelebihan Kapasitas
Suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu, 8 September 2021 (Foto: Antara)
BERITA Kanal Straight

Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah

Satukanal.com, Nasional – Korban meninggal dalam insiden kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang bertambah menjadi 3 orang. Ketiganya merupakan korban selamat dalam kejadian itu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Rika Aprianti mengatakan korban baru meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang. “Iya barusan kami mendapat info tambahan, jadi tiga,” ujarnya.

Mereka yang menjadi korban adalah Hadiyanto bin Ramli, warga Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Korban kedua yakni atas nama Adam Maulana bin Yusuf Hendra, warga Kelurahan Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Korban ketiga yakni Timothy Jaya bin Siswanto narapidana tindak pidana narkotika yang diketahui beralamat Taman Imam Bonjol, Tangerang.

Hal tersebut juga diperkuat dengan pernyataan dari Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani mengatakan tiga korban yang meninggal itu memiliki luka bakar 60 persen, ada juga yang di atas 80 persen.

Baca Juga :  Lampu Hijau PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3

“Ada yang meninggal tadi kurang lebih satu jam yang lalu dengan luas luka bakar di atas 60persen,” jelas Hilwani dikutip dari Detik.

Menurut Hilwani, pasien pertama meninggal pukul 03.00 WIB, pasien kedua meninggal pukul 06.00 WIB dan pasien ketiga meninggal pukul 07.00 WIB. Jadi total yang meninggal ada 3 pasien dengan luka yang dua itu dari jam tiga ada satu (pasien), jelas Hilwani, jam 6 ada satu (pasien) dan luka bakarnya di atas 80%. Untuk yang pertama jam tiga, yang kedua jam enam dan yang ketiga jam tujuh.

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly sebelumnya menjanjikan uang santunan senilai Rp30 juta kepada masing-masing keluarga narapidana yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

Baca Juga :  Sering Lapar Padahal Sudah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

“Sebagai bagian perwujudan duka, kami akan memberikan santunan senilai Rp30 juta kepada masing-masing keluarga korban,” kata Menkumham Yasonna Laoly.

Lebih lanjut, Kemenkumham juga telah membentuk lima tim untuk menangani kejadian tersebut, salah satunya khusus membantu pemulasaraan, pemakaman, dan pengantaran jenazah.

Kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang terjadi pada Rabu dini hari yang bermula dari blok C2. Blok ini memiliki 19 kamar berkapasitas 40 orang saja.

Namun, saat insiden kebakaran berlangsung blok ini dihuni oleh 122 orang warga binaan. Sebelumnya, 41 orang dikabarkan meninggal dunia, delapan orang lainnya luka berat, sementara 72 orang lainnya mengalami luka ringan.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Ubadhillah 

Kanal Terkait