Konsol Next Gen PS 5 Laris Manis Di Pasaran | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
konsol PS
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Konsol Next Gen PS 5 Laris Manis Di Pasaran

SATUKANAL.com, INTERNASIONAL– Kehadiran PS 5 berhasil mengundang banyak perhatian masyarakat. Tak heran jika banyak yang memburu konsol gaming penerus PS 4 tersebut.

Penjualan PS 5 ini, berhasil sold out dalam waktu dua hari dengan harga $500 atau $400 (versi digital), di platform penjualan online utama Jepang. Bahkan, beberapa pengecer terpaksa melakukan undian untuk mendistribusikan stok terbatas tersebut. Untuk memodulasi permintaan, situs pasar loak terkemuka Jepang dari Mercari Inc ini menjual konsol di atas $900.

Sementara itu, peluncuran PS 5 berlangsung di saluran digital pada Kamis (12/11/2020) waktu Amerika Serikat (AS).

Menurut Direktur Riset Game Ampere Piers Harding-Rolls, mark-up harga PS5 yang luar biasa ini sebagian disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang akan mempersulit gamer mendapatkan konsol game tahun ini. “Kami memperkirakan permintaan untuk konsol baru melebihi pasokan hingga setidaknya akhir Maret 2021,” ujar Pier Harding-Rolls.

Secara spesifikasi, konsol anyar ini akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa sore) berkecepatan 3,5 Ghz. Prosesor ini lebih tinggi dibanding PS 4 dengan 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 Ghz. Kapsitas RAM PS % juga dua kali lebih besar dibanding PS $ yakni 16 BG.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, kemampuan grafis PS 5 juga mendapat peningkatan dengan prosesor berbasis RDNA 10,28 AMD. Pengolah grafis ini memiliki 36 Computer Units (CU) serta daya komputasi sebesar 10,28 miliki AMD. Angka tersebut jauh meningkat dari GPU milik PS 4 dengan 18 CU dan daya komputasi 1,84 Teraflops.

Media penyimpanan PS 5 pun kini sudah beralih menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS 4. Dengan penyimpanan ini, waktu loading game diklaim akan lebih singkat.

Solid State Drive PS 5 yang berkapasitas 825 GB ini masih bisa diperluas dengan SSD tambahan. Selain itu, PS 5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi yakni hingga 8K, 4K dengan refresh rate 120 Hz serta audio 3D.

Adapun informasi yang dilansir dari blog Playstation, Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES) mengumumkan bahwa PS 5 bisa mulai dipesan di Indonesia pada 18 Desember 2020. PS 5 di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 7,3 juta untuk versi digital (tanpa slot Blu-ray disv) dan Rp 8,8 juta untuk versi standar (dengan slot Blu ray disc). Sedangkan untuk pembelian secara offline serta pengirimannya akan dilakukan mulai 22 Januari 2021.

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait