Kondisi Dinamika Atmosfer Tidak Stabil Serta Fenomena MJO, BMKG Umumkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kondisi Dinamika Atmosfer Tidak Stabil dan Fenomena MJO, BMKG Umumkan Potensi Hujan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kondisi Dinamika Atmosfer Tidak Stabil Serta Fenomena MJO, BMKG Umumkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

SATUKANAL.com, NASIONALBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa, akan terjadi hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah. Hal tersebut dikarenakan kondisi dinamika atmosfer yang sedang tidak stabil.

Pihak BMKG pada Selasa (08/12/2020) melalui siaran persnya, menjelaskan selain kondisi dinamika atmosfer yang sedang tidak stabil, ada beberapa alasan lain yang menyebabkan hujan lebat ini seperti, aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), adanya gelombang Rossby Ekustorial dan munculnya gelombang Kelvin yang berlokasi di wilayah Indonesia.

Beberapa wilayah yang terpantau dibeberapa tempat selain terkena dampak hujan lebat juga muncul pusaran angin (Sirkulasi siklonik), hal tersebut mendorong terbentuknya daerah pertemuan atau terjadinya perlambatan kecepatan angina (konvergensi).

Baca Juga :  Hari ini, pendaftaran SNMPTN 2021 resmi dibuka. Begini Tahapannya

BMKG juga menyampaikan bahwa, dalam periode sepekan ke depan akan ada curah hujan yang lebat dan disertai dengan kilat atau petir, serta adanya angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Pihak BMKG juga telah menentukan pada 6 sampai dengan 11 Desember 2020 ada beberapa wilayah yang akan dilanda hujan lebat, diantaranya adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat serta Papua.

Baca Juga :  Webinar Sinergi dan Kolaborasi: 34 Kabupaten dan Kota di JawaTimur Mendapat Kriteria Peduli HAM

BMKG berpesan kepada masyarakat agar dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca yang ekstrim ini, seperti, putting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es dan lain sebagainya. Masyarakat juga diminta untuk waspada terkait dampak-dampak yang ditimbulkan seperti, tanah longsor, banjir, banjir bandang, serta beberapa kawasan yang diterjang angin kencang.

Pihak BMKG membuka layanan informasi cuaca yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui, https://www.bmkg.go.id , follow media sosial @info BMKG , atau bisa menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait