Komunitas Stasion Wujudkan Kota Malang Mendunia Melalui Industri Kreatif Digital - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Malang Digital International Conference yang digelar di Atria Hotel Rabu (17/11/2021).
BERITA Kanal Straight

Komunitas Stasion Wujudkan Kota Malang Mendunia Melalui Industri Kreatif Digital

satukanal.com, Malang – Demi membangun ekosistem digital di wilayah Malang Raya, komunitas start-up Singo Edan Malang (Stasion) gelar Malang Digital International Conference sebagai rangkaian dari Stasion Festival ke-5 pada Rabu (17/11/2021). Stasion merupakan komunitas start-up lokal yang berada di Kota Malang dan sudah terbentuk sejak tahun 2011 oleh para entrepreneur dengan passion dan antusias mereka yang tinggi pada dunia bisnis digital.

Dengan mengusung tema Digital Ekosystem for Sustainable Development Goals, even ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem digital di wilayah Malang Raya dengan berkolaborasi bersama komunitas, industry, bisnis, akademisi, pemerintah, hingga perbankan.

“Program Stasion Festival ini sudah mulai dari bulan Juli serangkaian acaranya, sampai golnya sebenarnya ingin di akhir tahun ini, tapi ternyata karena beberapa pertimbangan akhirnya Malang Digital International Conference ini menjadi event penutup Stasion Festival yang ke-5,” ujar M. Ziaelfikar Albaba selaku ketua dari Komunitas Stasion.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan pada Musim Hujan, Polisi di Blitar Tandai Jalan Berlubang

Bersama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Stasion telah melakukan sertifikasi profesi IT yang dilakukan di Indigo Space untuk memfasilitasi para pelaku bisnis start-up. Kegiatan sertifikasi tersebut ternyata telah medapatkan perhatian dari beberapa dinas untuk dapat melakukan sertifikasi susulan guna menjaring lebih banyak lagi.

“Kami juga memberikan support workshop dan uji kompetensi sertifikasi pelaku ekonomi kreatif di bidang digital mulai tanggal 16 kemarin sampai dengan 19 November 2020. Ini dalam rangka memicu perkembangan, peningkatan, serta penguatan industri kreatif digital di Kota Malang,” ujar M. Sailendra selaku Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang.

Baca Juga :  Tak Ada Komputer dan Internet untuk ANBK, 57 SD di Kota Blitar Numpang di Lab Komputer SMP

Acara yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang beserta Bank Indonesia ini, harapannya dapat menjadi satu projek pertama yang dapat berjalan tiap tahunnya. Ziaelfikar berharap pada tahun berikutnya mereka dapat menyasar peserta dari Luar Negeri dan menjadi satu langkah menuju Kota Malang yang mendunia.

Pewarta : Lutfia Indah

Editor : Danu S

Kanal Terkait