SATUKANAL.COM
BERITA

Komunitas Gay Di Medsos, Kapolres Batu : Tak Bisa Tuntut Secara Hukum Pelaku

Satuchannel.com, Kota Batu – Pelaku pesta gay di pemandian air panas Songgoriti, Kota Batu yang Minggu dini hari (30/4) diamankan merupakan bagian dari IGABA (Ikatan Gay Kota Batu). IGABA merupakan wadah komunitas gay, yang salah satunya berada di jejaring sosial Facebook grup IGABA.

Dijelaskan Kapolres Kota Batu, AKBP Budi Hermanto bahwa di jejaring sosial Facebook terdapat ribuan anggota di grup tersebut.

“Ada dari Surabaya, Malang Raya, Bali, dan berbagai kota. Jadi tidak hanya dari Kota Batu saja. Dari foto – foto yang kita amankan ada beberapa foto telanjang,” ungkap pria yang akrab disapa Buher.

Terkait adanya komunitas gay di dunia maya, pihak Polres Batu tak mempunyai wewenang untuk melakukan pemblokiran, harus ada kerjasama dengan pihak Kementerian Informatika Dan Komunikasi (Kemenkominfo).

Disamping itu pihak Polres Batu tak bisa melakukan tuntutan secara hukum terhadap anggota grup gay di facebook. Hanya bila ada yang mengupload foto pertama kali dapat dikenakan tindak pidana.

“Bila yang upload foto pertama kali di media sosial akan terkena pidana. Tindakan tersebut berlandaskan UU No. 44 tahun 2008 tentang pornografi dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara,” ungkap mantan Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan ini.

Ia menambahkan sesuai adat ketimuran, hukuman yang diberikan saat ini hanya dari segi sosial karena bertentangan dengan nilai sosial dan agama. Makanya, kita dan masyarakat berharap Kota Batu bebas dari kegiatan yang menyimpang.

Kanal Terkait