Kompor Gas vs Kompor Listrik Mana yang Lebih Baik? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kompor Gas vs Kompor Listrik Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi kompor gas (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Kompor Gas vs Kompor Listrik Mana yang Lebih Baik?

Satukanal.com, Nasional – Dari sekian banyak peralatan rumah tangga, kompor menjadi salah satu komponen paling penting yang harus ada. Kini terdapat dua jenis kompor yang digunakan oleh banyak orang yaitu gas dan listrik.

Menurut Dewan Energi Nasional (DEN) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN penggunaan kompor listrik banyak manfaat dan tentunya lebih hemat daripada kompor gas. Apakah benar? Simak perbandingannya berikut ini.

1. Lebih hemat

Satya Widya Yudha anggota dari Dewan Energi Nasional (DEN) mengatakan, kompor listrik lebih hemat biaya penggunaan ketimbang gas.

  • Kompor gas : Untuk memasak air 10 liter, membutuhkan energi seharga Rp6.171,
  • Kompor listrik yang 1.299 watt : Untuk memasak air 10 liter, maka membutuhkan seharga Rp1.283.

2. Kontrol suhu

Perbedaan utama antara kompor gas dan listrik terletak pada bagaimana mereka merespon perubahan pengaturan suhu.

  • Kompor gas : Tingkat besaran api bisa diatur pada kompor gas sehingga memberikan lebih banyak kontrol presisi agar bisa menyajikan kematangan hidangan dengan tepat,
  • Kompor listrik : Kompor listrik tidak merespons dengan cepat, terutama saat mengatur suhu atau mematikannya.
Baca Juga :  Indikasi Kecurangan SKD CPNS 2021, Peserta Bakal Didiskualifikasi

3. Keamanan

  • Kompor gas : Jika berada di dekat kompor gas, perlu berhati-hati karena api bisa saja menyambar apalagi terkena angin. Kompor gas juga bisa menimbulkan kebocoran apabila pemasangannya dilakukan tidak tepat.
  • Kompor listrik : Untuk kompor listrik, risiko berbahaya yang bisa saja didapatkan adalah seringkali tidak ada peringatan apakah dalam keadaan panas atau tidak.

4. Kebersihan

  • Kompor gas : Ketika membersihkan kompor gas memang membutuhkan waktu yang sangat lama. Sebab, perlu membongkar dan sedikit keras dalam menggosoknya agar semuanya bisa kinclong merata.
  • Kompor listrik : Kompor listrik tidak akan pernah sepanas gas. Jadi, kemungkinan tumpahan lebih kecil untuk terbakar ke permukaan dan tentunya jadi mudah untuk dibersihkan. Dengan permukaan memasak yang halus dan licin. Jadi pengguna hanya perlu mengelapnya dengan kain atau spons basah setelah memasak dan selesai.
Baca Juga :  Tahun 2022 Upah Minimum Naik 1,09 Persen, Pengusaha Tak Patuh Bakal Dikenai Saksi

5. Hemat waktu

  • Kompor gas : Api atau panas tidak merata. Proses masak pun lebih lama,
  • Kompor listrik : Penyebaran panas yang lebih merata. Proses memasak menjadi lebih cepat.

Berbicara soal harga, semua orang mengetahui kalau kompor listrik jauh lebih mahal ketimbang gas. Namun dari keduannya memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait