Komnas KIPI Sebut 2 Siswa Meninggal Tak Terkait Vaksin Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
komnas kipi kasus
Vaksinasi anak di Jombang (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Komnas KIPI Sebut 2 Siswa Meninggal Tak Terkait Vaksin Covid-19

Satukanal.comNasional – Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI), Hindra Irawan Satari, menegaskan kembali hingga saat ini belum ada kasus meninggal yang disebabkan vaksinasi Covid-19.

Adanya kasus siswa di Kabupaten Jombang dan Kabupaten Bone meninggal dunia usai vaksin belakangan ini, Komnas KIPI menyebut tidak ada cukup bukti untuk mengaitkannya dengan vaksin Covid-19.

“Kasus Kematian di Kabupaten Jombang disimpulkan unclassifiable atau tidak cukup data. Sementara kasus kematian di Kabupaten Bone disimpulkan koinsiden dengan penyakit jantung bawaan” terang Hindra dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

Sebagai lembaga yang kredibel dan independen, kata Hindra, Komnas KIPI bertugas untuk melakukan kajian kausal. Laporan yang akurat, lengkap serta cepat dapat membantu untuk menegakkan diagnosis.

Baca Juga :  Penting Diketahui! Ini Jenis Pasir Aquascape dan Cara Perawatannya

Dirinya mengatakan, hasil tersebut didapat usai melakukan audit bersama dengan Komda KIPI dan Dinkes setempat pada 30 Desember 2021. Setelah di investigasi, keduanya tidak terkait dengan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan data Komnas KIPI hingga 30 November 2021, ada sebanyak 363 KIPI serius yang dilaporkan di seluruh provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, dipastikan belum ada kasus meninggal dunia.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan antisipasi terjadinya KIPI merupakan salah satu fokus perhatian pemerintah. Untuk itu pihaknya bekerja sama dengan Komnas KIPI di tingkat Nasional dan Komda KIPI untuk terus memantau dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Baca Juga :  D.O EXO Berulang Tahun Hari Ini, Ini Rekomendasi Drama yang Pernah Dibintanginya

“Penerima vaksinasi yang merasakan adanya efek samping pascavaksinasi dapat langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan tempat dilakukannya vaksinasi untuk melapor, tidak diperlukan syarat apapun,” jelasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya seorang anak berusia 12 tahun bernama Muhammad Bayu Setiawan di Jombang, Jawa Timur, meninggal dunia, sehari setelah menerima vaksin Covid-19 jenis Pfizer, dosis pertama.

Sebelum meninggal dunia, anak tersebut demam tinggi dan muntah sehingga dibawa ke Puskesmas Mayangan. Dia meninggal pada Selasa (28/12/2021) pukul 05.00 WIB.

Selain di Jombang, seorang remaja 13 tahun di Bone juga meninggal setelah di vaksinasi Covid-19 dosis kedua akhir Desember 2021 lalu, yang bernama Andi Nur Widya (13) warga Desa Gattareng.

Editor : Naviska

Kanal Terkait