Kominfo Luncurkan Literasi Digital Nasional, Pemkot Malang Genjot Digitalisasi Berbagai Sektor - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kominfo Luncurkan Literasi Digital Nasional, Pemkot Malang Genjot Digitalisasi Berbagai Sektor
Kominfo Luncurkan Literasi Digital Nasional (20/05)/Foto: Youtube Kominfo
BERITA Kanal Straight

Kominfo Luncurkan Literasi Digital Nasional, Pemkot Malang Genjot Digitalisasi Berbagai Sektor

Satukanal.com, Malang – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Kamis (20/5) telah meluncurkan program Literasi Digital Nasional. Peluncuran tersebut merupakan salah satu upaya perkembangan teknologi yang makin pesat.

Selain itu, masyarakat pun dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan tersebut. Melewati proses pembelajaran secara daring selama kurun waktu 1 tahun terakhir, para siswa juga dituntut untuk melek teknologi.

Melalui program ini pemerintah menargetkan 50 juta masyarakat Indonesia teredukasi digital hingga 2024. Selain itu program literasi digital menjadi keharusan di tengah pesatnya penggunaan internet oleh masyarakat. Kominfo menyebut ada setidaknya 196,7 juta warganet di Indonesia

Baca Juga :  Pendapatan Tak Menentu, Petani Kabupaten Malang Mulai Jajal Budidaya Koi

Lantas seperti apa di Kota Malang?

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sendiri saat ini tengah terus menggenjot pemanfaatan digitalisasi di berbagai sektor terutama dalam pelayanan publik, agar lebih efektif dan efisien.

“Kami pun juga terus meningkatkan gerakan literasi digital di berbagai sektor, sehingga dalam bekerja atau menjalankan aktifitas lainnya akan lebih efektif dan efisien,” ujar Sutiaji.

Dia mengungkapkan di masa saat ini mau tidak mau perkembangan digital harus dioptimalkan agar tidak tertinggal lainnya. Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat, jika dalam pemanfaatan digitalisasi memang lebih memudahkan segala aktivitas, namun tetap harus mengedepankan konten-konten positif.

Baca Juga :  Peralihan ke Musim Kemarau, Kabupaten Malang Kini Makin Dingin

Tak hanya itu, dengan memanfaatkan platform digitalisasi ini dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian. Salah satunya, pemanfaatan metode pemasaran produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Tak kalah penting, dari kemajuan teknologi informasi ini juga akan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Berbagai usaha kreatif dan UMKM, saat tidak perlu bingung lagi dalam berpromosi. Maka kami akan terus menggenjot literasi digitalisasi ini,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait