Kolesterol Tinggi? Ini Rekomendasi Makanan Untuk Menurunkannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kolesterol Tinggi? Ini Rekomendasi Makanan Untuk Menurunkannya
Istimewa
BERITA Kanal Artikel

Kolesterol Tinggi? Ini Rekomendasi Makanan Untuk Menurunkannya

Satukanal.com, Nasional – Saat perayaan Idul Adha, tentunya banyak hidangan daging yang bisa disantap. Namun, momen ini sering membuat kolesterol tinggi pada penikmat olahan daging.

Perlu diketahui, daging sapi dan daging ayam mengandung kolesterol yang relatif sama besar, yakni mencapai 60-120 mg per 100 gram. Sementara, pada 100 gram daging kambing mengandung kolesterol yang mencapai 75 mg.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentunya bisa berbahaya bagi tubuh seseorang. Kolesterol tinggi bisa menumpuk di pembuluh darah dan tentunya akan mengganggu aliran darah.

Melansir laman Kompas.com, Kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni, kolesterol jahat atau disebut low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Sementara, adanya kolesterol jahat pada tubuh merupakan sumber utama penyumbat pembuluh darah arteri, sedangkan kolesterol baik bertujuan untuk membersihkan kolesterol dari darah.

Baca Juga :  Membangkitkan Awareness Kekerasan Seksual Melalui Film “Penyalin Cahaya"

Lalu, bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh? simak beberapa rekomendasi makanan dan minuman penurun kolesterol di bawah ini.

1. Teh Hijau


Perlu diketahui, Teh hijau ternyata kaya dengan kandungan antioksidan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa seseorang yang telah mengkonsumsi teh hijau menunjukkan terjadi penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dalam darah secara signifikan.

2. Daun Salam


Badan Pemeriksa obat dan Makanan Republik Indonesia menerbitkan buku berjudul Acuan Sediaan Herbal yang juga menguraikan pemakaian daun salam sebagai penurun kadar kolesterol.

Namun, ada saran atau anjuran dosis untuk konsumsi daun salam sebagai penurunan kadar kolesterol ini, yaitu sebagai berikut:  Pertama, masukkan 20 gram daun salam ke dalam panci infus berisi 400 ml air. Kemudian rebus 15 menit. Kedua, dosis 2 kali a 200 ml per hari apabila diperlukan, dan dalam hal ini setiap orang harus dapat menentukan.

Baca Juga :  Jadi Korban Penipuan Transaksi Online? Lapor ke cekrekening.id

3. Bawang Putih


Sejumlah kandungan yang terdapat dalam bawang putih memiliki manfaat yang sangat beragam. Manfaat tersebut mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi.

Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri. Bawang putih aman pada pemakaian, disarankan untuk mengonsumsi bawang putih segar yang berkualitas baik satu siung per hari.

4. Apel


Kandungan pada buah Apel kaya akan sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu buah apel atau lebih sehari dapat memperlambat oksidasi LDL.

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

 

 

Kanal Terkait