Kolak Goblok, Kudapan Istimewa Khas Poncokusumo Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kolak Goblok, Kudapan Istimewa Khas Poncokusumo Malang
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Kolak Goblok, Kudapan Istimewa Khas Poncokusumo Malang

SATUKANAL.com, MALANG– Kabupaten Malang tepatnya di Desa Poncokusumo ada kudapan unik yang disebut Kolak Goblok oleh masyarakat setempat atau Kolak Kluntung Waluh. Berbeda dengan kolak pada umumnya, kolak ini punya cara pembuatan dan penyajian yang terbilang unik.

Kolak Goblok merupakan kudapan turun temurun dari leluhur warga desa. Bahan pembuatannya hanya terdiri dari labu, parutan kelapa dan gula aren. Kulit labu dikupas sampai bersih. Kemudian, bagian atasnya dibuat lubang. Selanjutnya, parutan kelapa dan gula aren dimasukkan sekaligus di dalamnya. Terakhir, olahan itu dikukus sampai matang.

Bagi pecinta makanan maniss, kudapan ini terasa sangat nikmat di mulut. Apalagi dengan gula aren yang meleleh di mulut ketika dimakan dan dimasukkan di mulut. Rasa gurih juga menambah cita rasa hidangan ini dari parutan yang ditambahkab. Tekstur labu yang empuk membuat kudapan ini cocok dinikmati selagi hangat.

Baca Juga :  Menparekraf Sandiaga Terima Tantangan Wagub Hadirkan Investasi Senilai Rp 1 triliun

Kolak Kluntung Waluh atau Kolak Goblok sejatinya bukan hanya kuliner biasa. Saat dulu, kudapan ini disajikan di hari-hari tertentu dan istimewa. Biasanya dibuat dan dihidangkan bersama ketupat segitiga di hari ketujuh lebaran idul fitri.

Kudapan ini juga menjadi salah satu sajian khusu ketika tahun baru Islam 1 Muharram atau 1 Suro dalam sistem kalender Jawa. Ketika 1 Suro, Kolak Goblok sekaligus jadi satu media ritual rasa syukur warga terhadap anugerah kekayaan mereka berupa hewan ternak sapi dan kerbau alias raja kaya.

Baca Juga :  Guru TK Tersandung Pinjol, Ini Insentifnya Tiap Bulan

Konon, sebuah kolak yang dibuat tersebut separuh di antaranya disajikan untuk hewan ternak. Sedangkan sisanya dikonsumsi pemiliknya sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman, kudapan manis ini bisa dibuat dan disajikan tidak hanya di dua momen istimewa tersebut.

Kini, Kolak Goblok bisa disiapkan dan dihidangkan untuk tamu-tamu yang datang untuk berwisata di desa. Sehingga, rombongan wisatawan pun dapat turut menikmati hidangan khas nan istimewa di Desa Poncokusumo, Kabupaten Malang ini.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait