KNKT Investigasi Tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Selat Bali yang menjadi lokasi tenggelamnya KMP Yunicee. (foto: Abdul Konik/satukanal.com)
Kanal Highlight Kanal Straight

KNKT Investigasi Tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali

satukanal.com, BanyuwangiKomite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih belum bisa memastikan penyebab tenggelamnya KMP Yunicee di selat Bali pada Selasa (29/062021) malam. KNKT masih melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan laut tersebut.

“Kita masih investigasi dulu, mengumpulkan data dari segala sisi, baru bisa menyimpulkan. Untuk sementara belum bisa menyimpulkan karena terlalu dini,” kata Bambang Irawan, investigator Transportasi Laut KNKT saat diwawancarai wartawan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Rabu (30/6/2021) siang.

Bambang Irawawan, investigator KNKT (foto: Abdul Konik/satukanal.com)

Bambang mengatakan, investigasi dimulai dengan pengecekan riwayat kapal, hingga dokumen-dokumen yang ada pada KMP tersebut. “Kita cek dulu perawatannya seperti apa. Kapan kondisi terakhir kapal dilakukan pengecekan. Serta di situ ada dokumen-dokumen yang harus kita lihat dan dikaji, agar bisa mengetahui penyebabnya,” imbuhnya.

Bahkan jika ada dugaan kelebihan muatan, lanjut Bambang, KNKT juga harus mencocokkan dengan manifes dan penumpang yang ditemukan juga laporan dari masyarakat. Sebab, kata dia, hal tersebut nantinya berhubungan dengan asuransi Jasa Raharja, karena harus  sesuai data untuk lebih memudahkan pihak asuransi dalam melakukan pendataan.  KNKT berharap jangan sampai ada penumpang yang tidak terdata.

Untuk pengumpulan data, Bambang, menyebutkan normalnya satu bulan. Sedangkan untuk pemeriksaan, menganalisa, membutuhkan waktu paling cepat tiga bulan hingga satu tahun,

“Untuk bangkai kapal, jika ada di jalur pelayaran yang membahayakan kapal lain maka kemungkinan besar di angkat. Maka dari itu dalam pengambilan bangkai kapal masih kita dalami dulu,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, KMP Yunice dilaporkan tenggelam di perairan selat Bali, kapal penumpang ini diduga terseret arus sehingga tenggelam di perairan Gilimanuk Bali, pada Selasa (29/6/2021), pukul 19.06 WITA.

KMP Yunice jenis kapal penumpang dengan panjang 56,6 meter lebar 8,6 meter dengan ciri warna putih strip merah biru ini yang berlayar dari Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk di laporkan tenggelam berjarak kurang lebih 24,19 km dari pos pencarian dan pertolongan Jembrana Bali.

Sampai dengan Rabu (30/6/2021) sore, tim SAR melakukan pencarian 11 penumpang yang hilang.

Pewarta : Abdul Konik

Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait