KMI Expo XI tahun 2020, Wadahi Potensi Mahasiswa Di Dunia Wirausaha - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KMI Expo XI tahun 2020 Wadahi Potensi Mahasiswa Di Dunia Wirausaha
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

KMI Expo XI tahun 2020, Wadahi Potensi Mahasiswa Di Dunia Wirausaha

SATUKANAL.com, NASIONALKewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XI tahun 2020 kembali digelar. Acara ini diselenggarakan secara virtual dan Universitas Agung Podomoro Jakarta dipercaya sebagai penyelenggara KMI Expo tahun ini. Tujuan dari acara ini berguna untuk memaksimalkan dan mewadahi segala potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa melalui dunia wirausaha.

Nizam selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada pembukaan acara tersebut berkesempatan untuk menyampaikan sambutannya. Ia mengatakan bahwa, Kampus yang aman, nyaman, dan sehat dapat mendorong kampus menjadi tempat lahirnya pemimpin bangsa yang penuh semangat untuk membangun negeri.

“Maka dari itu kampus harus menumbuhkan intelektualitas muda yang kritis dan santun, membangun komunikasi yang sehat diantara masyarakat kampus, menerapkan asah-asih-asuh, serta menghidupkan diskursus akademik dan juga pengembangan diri mahasiswa yang holistik.” Ujarnya.

Nizam juga menyampaikan bahwa, setiap mahasiswa memiliki passion yang berbeda antara satu dengan yang lain. Sehingga potensi atau kemampuan mahasiswa perlu diasah dan didorong agar nantinya dapat meningkat, berkembang dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Siaran TV Analog Bakal Dihentikan, Ini Syarat Dapat Set Top Box TV Digital Gratis!

Pada acara tersebut, ia mengatakan perlu adanya health promoting campus dengan cara mengembangkan kematangan emosional pada lingkungan kampus, seluruh warga kampus sehat secara jasmani, seluruh warga kampus sehat secara rohani, lingkungan kerja yang sehat, lingkungan sosial yang sehat, serta kesehatan intelektual.

Lebih lanjut, Nizam menjelaskan kampus sebagai simpul pengembangan diri mahasiswa yang bertujuan untuk membangun semangat juang dan spirit mahasiswa agar menjadi mahasiswa berprestasi. Selain itu, mahasiswa juga harus memahami masalah yang dihadapi oleh bangsanya dan memiliki wawasan global yang luas agar dapat menjadi pemimpin yang solutif dan siap berbakti di seluruh pelosok negeri.

Baca Juga :  Rekomendasi Vitamin Saat Isolasi Mandiri, Simak!

Mahasiswa Indonesia telah melakukan upaya yang baik dalam mengembangkan kewirausahaan nasional melalui berbagai inovasinya dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, dunia kewirausahaan di Indonesia telah bersifat inklusif, sebab baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk berwirausaha.

Beragam ide usaha juga kerap mendapatkan dukungan dari sektor budaya, kemampuan keuangan, dukungan pemerintah, pendidikan, dan infrastruktur. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu difokuskan dalam kewirausahawan di Indonesia ialah menumbuhkan kepercayaan diri pada masyarakat untuk membangun usaha yang besar, bukan hanya tentang memulai usaha rintisan saja.

Seorang entrepreneur harus menggunakan logika prediktif dan kreatif dalam menjalankan usahanya, serta siap dan mampu memecahkan beragam masalah, karena tidak semua usaha berjalan sesuai dengan rencana.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait