Klik https://eform.bri.co.id/bpum CEK Nama Penerima BLT UMKM Desember 2020 Rp 2,4 Juta | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Klik https://eform.bri.co.id/bpum CEK Nama Penerima BLT UMKM Desember 2020 Rp 2,4 Juta
BERITA HIGHLIGHT KANAL VIRAL STRAIGHT NEWS

Klik https://eform.bri.co.id/bpum CEK Nama Penerima BLT UMKM Desember 2020 Rp 2,4 Juta

SATUKANAL.com, NASIONAL –  Para Pendaftar penyaluran BLT UMKM, dapat melakukan cek penerima Bpum atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum.

Penerima BLT UMKM nantinya akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp. 2,4 juta untuk bulan Desember 2020. Penyaluran dana BLT UMKM ini merupakan salah satu program dari Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Program penyaluran BLT UMKM merupakan salah satu program Banpes Produktif yang diperuntutkan bagi Usaha Mikro. Adanya penyaluran BLT UMKM merupakan strategi dari Pemerintah untuk membantu usaha mikro yang ada di Indonesia agar dapat bertahan dan bangkit kembali di tengah pandemi Covid-19.

Penyaluran BLT tahun 2020 ini, Kementerian Koperasi dan UKM menunjuk tiga bank untuk penyaluran dana BLT kepada UMKM seperti, Bank BRI, Bank BNI serta BNI Syariah.

Bagi masyarakat yang telah melakukan pendaftaran sebagai salah satu penerima BLT UMKM, caranya sangatlah mudah. Para pendaftar hanya perlu mengakses link daftar penerima yang telah disiapkan oleh bank penyalur, salah satunya adalah bank BRI.

Baca Juga :  29 kali Muntahkan Lava Pijar, Hujan Abu Gunung Merapi Guyur Wilayah Sleman

Berikut adalah cara cek nama penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta pada bulan Desember 2020 via BRI :

1. Login di e-form BRI
2. Gunakan nomor KTP
3. Masukkan kode verifikasi
4. Lalu, klik Proses Inquiry

Apabila nama anda tidak tercantum pada daftar penerima BPUM, maka akan muncul keterangan, “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”.

Ada beberapa persyaratan serta dokumen yang harus disiapkan saat mencairkan dana BLT UMKM Rp 2,4 juta, yakni :

1. Buku tabungan
2. Kartu ATM
3. Identitas diri
4. Penerima BPUM juga harus melengkapi dokumen, yang terdiri dari: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan atau Kuasa Penerima dana BPUM.

Baca Juga :  3 Rekomendasi Virtual Vacation Saat Pandemi

Bila penerima BLT UMKM tidak memiliki rekening di tiga bank penyalur, maka nantinya akan dibuatkan rekening di cabang bank tempat pencairan dana BLT UMKM. Bantuan BLT UMKM ini merupakan dana hibah dan bukan pinjaman ataupun kredit. Penerima BLT UMKM juga tidak perlu untuk mengeluarkan biaya administrasi apapun guna pencairan dana BLT UMKM.

Terhitung sejak hari Kamis lalu, program BLT UMKM sudah tersalurkan 100 persen ke pengusaha mikro. Untuk menjamin proses penyaluran BLT UMKM terlaksana dengan baik, program penyaluran ini pun selalui diawasi dan dilakukan pemeriksaan secara ketat oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman menyampaikan bahwa, “Rencana masih dilanjutkan tahup depan, prosesnya masih tahap pembahasan, anggarannya juga masih dalam pembahasan” Ujarnya.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait