Klenteng Ditutup, Umat Buddha Beribadah Dari Rumah Masing-masing - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Klenteng Ditutup, Umat Buddha Beribadah Dari Rumah Masing-masing
Klenteng Kwan Im Tong, Kota Batu (Foto: Mandalika Naurah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Klenteng Ditutup, Umat Buddha Beribadah Dari Rumah Masing-masing

Satukanal.com, Batu – Penutupan tempat peribadahan menjadi salah satu regulasi yang diterapkan pemerintah saat PPKM Darurat ini. Selain umat muslim yang bakal merayakan momen Idul Adha, umat Buddha pun ikut terdampak atas penerapan aturan tersebut.

Seperti umat Buddha di Kota Batu. Satu-satunya tempat dimana mereka melakukan kewajiban, Klenteng Kwan Im Tong terpaksa ditutup. Alasannya yaitu, untuk mendukung pembatasan mobilitas masyarakat di tengah pandemi yang masih terjadi.

Klenteng yang berada di Nganglik, Kecamatan Batu ini pun tak lagi ramai seperti biasanya. Hal ini lantaran umat Buddha diminta untuk beribadah di rumah masing-masing.

Baca Juga :  PPKM Level 4 Diperpanjang, Ada Sejumlah Penyesuaian Aturan

Pengurus Klenteng Kwan Im Tong, Hendik Kurniawan mengatakan kegiatan ibadah di klenteng tersebut sudah sepi. Pada hari biasa sebelum pandemi, pengunjung klenteng bisa mencapai 10 orang.

Namun, semenjak pandemi pengunjung yang hadir pun hampir tidak ada. Begitu pula saat perayaan Imlek pada Februari lalu. “Waktu Imlek, biasanya umat yang beribadah bisa 50 orang. Tapi tahun ini cuman 20 orang,” ujarnya pada Satukanal.com Rabu (14/7/2021).

Kondisi tersebut dirasa wajar karena kebanyakan jemaat berasal dari luar kota. Seperti Surabaya dan Jakarta. Apalagi, setelah banyaknya penyekatan jalan yang dilakukan di sejumlah daerah. Tentu, membuat masyarakat dari luar kota tidak bisa berkunjung ke Klenteng yang sudah berdiri sejak tahun 1960 itu.

Baca Juga :  Pengrajin Peti Jenazah di Kediri Keteteran Layani Pesanan

Lebih lanjut, Hendik mengatakan bahwa saat ini Klenteng dibuka hanya untuk melayani pembelian dupa. Ia juga berharap agar pandemi segera berlalu, sehingga masyarakat bisa beribadah lagi. “Semoga pandemi cepat berlalu, supaya orang bisa beribadah dengan tenang dan nyaman lagi,” ungkapnya.

 

 

Pewarta : Mandalika Naurah
Editor : Wildan, Adinda

Kanal Terkait