Kini, Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Lewat WhatsApp - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kini, Cek Sertfikat Vaksin Covid-19 Bisa Lewat WhatsApp
Chatbot aplikasi PeduliLindungi sebagai layanan baru dari Kemenkes(Foto: Instagram Kemenkes, @kemenkes_ri)
BERITA Kanal Artikel

Kini, Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Lewat WhatsApp

Satukanal.com, Nasional– Masyarakat kini bisa mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Hal ini diumumkan Kementerian kesehhatan melalui akun instagram resminya.

“Memperbarui dan menyesuaikan data diri vaksinasi Covid-19 kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat lho. Sekarang udah ada Chatbot Whatsapp Kemenkes RI yang bisa diakses selama 24 jam. Chatbot ini untuk melayani perbaikan dan penyesuaian data seputar vaksinasi Covid-19 seperti sertifikat, status vaksinasi, serta perbaikan info diri seperti nama dan nomor telepon.” tulis @kemenkes_ri.

Seperti yang disebutkan dalam laman sehat Negeriku, Kemenkes RI menghadirkan Chatbot WhatsApp untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikai vaksinasi yang selama ini dilakukan melalui e-mail dan Call Center 119.

Baca Juga :  Kompor Gas vs Kompor Listrik Mana yang Lebih Baik?

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji membenarkan bahwa kini sertifikat vaksin bisa di-download melalui chatbot WhatsApp PeduliLindungi. “Iya betul (bisa didownload melalui chatbot WhatsApp),” ujar Setiaji dikutip dari kompas.com.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara menggunakan chatbot WhatsApp untuk download sertifikat maupun mengubah data diri? Simak ulasan di bawah ini:

1. Hubungi WhatsApp Kemkes RI

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan menghubungi nomor WhatsApp Kemenkes Kesehatan (Kemenkes) yakni di nomor 081110500567.

2. Masukkan Nomor Telepon Terdaftar dan Kode OTP

Selanjutnya, untuk keamanan data, akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu.

3. Muncul Menu Download Sertifikat

Kemudian, akan muncul menu Download Serifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Data Diri akan tampil dan dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Ingin Cairkan Dana Pensiun BPJS Ketenagakerjaan? Simak Cara dan Syaratnya

Perlu diketahui bahwa platform layanan baru chatbot WhatsApp Kemenkes ini mempunyai 3 menu utama yakni :

  • Download Sertifikat
  • Status Vaksinasi
  • Ubah Info Diri

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat vaksin atau ada kendala untuk mengakses sertifikat vaksin di Aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi.

Sementara itu, menu Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi

 

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait