KIM Award 2020 Kota Malang, Cegah Disinformasi Antara Masyarakat Dan Pemerintah | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kelompok Informasi Masyarakat Award 2020 Kota Malang, Cegah Disinformasi Antara Masyarakat Dan Pemerintah
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

KIM Award 2020 Kota Malang, Cegah Disinformasi Antara Masyarakat Dan Pemerintah

SATUKANAL.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Award 2020. Saat ini KIM Award 2020, telah memasuki tahap paparan dari para nominator. Acara yang diadakan di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Kamis (5/11/2020) ini bertujuan untuk mencegah terjadinya disinformasi di masyarakat.

Kelompok Informasi Masyarakat atau yang disebut KIM ini merupakan lembaga komunikasi perdesaan yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara mandiri serta kreatif. Aktivitas yang dilakukan oleh KIM ini yaitu melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Dalam acara tersebut, walikota Sutiaji berkesempatan menjadi dewan juri dari KIM award 2020. Sutiaji berhak memberikan penilaian terhadap lima besar peserta KIM Award 2020 yang telah lolos. Kelima peserta diantaranya , KIM Tlogomas, KIM Lowokwaru, KIM penanggungan, KIM Sukun serta KIM Parseh Jaya, Bumiayu.

Baca Juga :  Dishub Kota Malang Lakukan Rekayasa Lalin, Guna Persiapkan Pembangunan Kayutangan Heritage

Sutiaji juga berpesan agar terus meningkatkan sinergitas antara KIM dan kelurahan. Misalnya terkait keluhan dari masyarakat. Apabila ada informasi keluhan atau aduan dari masyarakat, KIM dan kelurahan harus segera memberikan respon kepada masyarakat terkait informasi tersebut.

“Respon cepat dari Kelurahan ini amat sangat membantu dan berkatan dengan ekisitensi KIM. Jadi nantinya KIM tidak hanya dadi simbol saja tetapi juga akan menunjukkan eksistensinya ketika ada keluhan dengan respon yang secara langsung,” Ujarnya.

Menurutnya, Kelompok Informasi Masyarakat juga dapat memuwujudkan ketangguhan informasi. Artinya, KIM juga dapat bertindak sebagai katalisator dan mediator dari program pemerintah serta apa yang menjadi keluhan masyarakat. Sehingga seluruh dokumen pembangunan dan perencanaan harus masuk serta disampaikan kepada masyarakat melalui KIM tersebut.

Pantjawati Yustikarini sebagai Ketua Forum KIM Kota Malang mengatakan bahwa KIM Awards 2020 ini digunakan untuk proses seleksi mencari kandidat tim yang akan maju mewakili Kota malang di ajang LJKK. Hal ini diungkapkan Pantjawati dalam akun youtube PemKot Malang.

Baca Juga :  Warga Protes Air Bau Minyak Tanah, Pihak PDAM Malang Sarankan Tak Gunakan Air

Sementara itu dalam pertemuan yang berbeda, Dinas Komunikasi da Informatika (Diskominfo) Jawa Timur terus mendorong KIM untuk mengoptimalkan perannya dalam mencegah penyebaran hoax. Salah satunya yaitu dengan membuat forum penggiat media sosial bertajuk peran KIM sebagai Jurnalis warga untuk Mencegah Penyebaran Hoax.

Kepala Diskominfo JawaTimur, Beny Sampirwanto yang dibacakan Sekretaris Diskominfo Jatim, Aju Mustika Dewi mengatakan bahwa peran KIM sudah direvitalisasi sebagai media jurnalisme warga menuju masyarakat.

“Harapannya, dengan adanya KIM dapat mewujudkan masyarakat Jatim sebagai masyarakat yang informatif sera pandai memilah informasi yang baik dan benar.” Tambahnya menegaskan.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait