Khawatir Poltracking Gunakan Metode Real Count Pilkada Mojokerto, Perlukah Ekspose Hasil Quick Count Jelang Masa Penetapan? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Khawatir Poltracking Gunakan Metode Real Count Pilkada Mojokerto, Perlukah Ekspose Hasil Quick Count Jelang Masa Penetapan?
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Khawatir Poltracking Gunakan Metode Real Count Pilkada Mojokerto, Perlukah Ekspose Hasil Quick Count Jelang Masa Penetapan?

SATUKANAL.com, MOJOKERTO– Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 Ikfina- Barra melenggang mulus dalam quick count. Walau belum ada penetapan dari KPU, jauh semenjak hasil quick count pertama muncul seolah merupakan hasil real count.

Hasil perhitungan suara sementara resmi, yang diperoleh dari KPU hari ini belum mengalami perubahan yang signifikan. Ikfina-Barra dengan presentase 65.3, kemudian Yoko-Nisa 15.5, dan Pungkasiadi-Titik 19.2. Beberapa Masyarakat juga mengamini hal tersebut, meski belum ditetapkan masyarakat berpedoman hasil quick count. Hak ini juga dipicu karena faktor jauhnya hasil prsentase yang didapat masing- masing paslon, sehingga tak menggoyahkan Paslon yang kini duduki peringkat pertama Ikfina-Barra.

Baca Juga :  Ujung, Kesenian Adu Rotan Yang Dulunya Jadi Ritual Meminta Hujan

Meski begitu, lembaga poltracking tidak boleh menggiring opini publik karena hasil quick count. Masyarakat juga menduga bahwa lembaga poltracking menggunakan metode real count dalam perhitungannya. Pasalnya masyarakat juga berpendapat bahwa bukan merupakan suatu hal yang awam, bahwa tradisi setiap pemilu di indonesia selalu mengamini hasil quick count, dan menjadikan patokan sebuah kemenangan salah satu paslon. Walaupun dari pihak lembaga poltracking tidak pernah memberikan penyataan bahwa hasil quick count bukan merupakan hasil final.

Baca Juga :  Bupati Mojokerto Kabarkan TPP PNS Disetujui Kemendagri

Dengan mengaca pada saat Pilpres Tahun 2019 lalu, Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) menggelar acara ‘Ekspose Data Hasil Quick Count‘ di Hotel Morrisey, Menteng, Jakarta Pusat. Masyarakat Mojokerto juga berharap adanya keterbukaan dari lembaga poltrackking. Karena telah memasuki masa penetapan, ekspose data juga dinilai penting sembari menunggu adanya gugatan atau tidak dari para pihak masing – masing paslon.

 

 

 

Pewarta: Yuni shafera
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait