Ketua DPRD Himbau Tidak Ada Pembongkaran Dulu Pasar Merjosari | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Ketua DPRD Himbau Tidak Ada Pembongkaran Dulu Pasar Merjosari

Satuchannel.com, Kota Malang –  Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono menghimbau agar tidak dilakukan pembongkaran dahulu di Pasar Merjosari. Pasalnya, Pasar Terpadu Dinoyo (PTD) yang menjadi tempat pindah para pedagang, pada kenyataannya belum cukup layak untuk ditempati. Hal itu ia ungkapkan ketika mendatangai Pasar Merjosari karena adanya pembongkaran di area Pasar Merjosari sore hari ini, Kamis (4/5).

Arief menilai, revitalisasi Pasar Terpadu Dinoyo (PTD) menjadi kewajiban bagi investor untuk segera melakukannya. Kelengkapan Sertifikat Layak Fungsi (SLF) yang menjadi jaminan kekuatan dan kelayakan sebuah bangunan mestinya segera dipenuhi. Ia juga menyatakan wajar apabila terdapat pedagang yang tetap ingin bertahan karena belum adanya kelayakan di Pasar Terpadu Dinoyo itu. Maka dari itu, Arief menolak jika terdapat Intimiadasi atau paksaan dalam bentuk apapun kepada para pedagang.

“Pedagang bertahan dìsini kan karena belum lengkap SLF dan kelayakan bangunannya. Banyak kriteria yang belum sesuai Jadi ya kita tunggu dulu harus ada pembenahan dulu. ,” ujarnya

Namun demikian, Arif juga sepakat apabila pembongkaran dilakukan pada kios-kios pedagang yang telah pindah, tapi dirinya menolak jika pembongkaran mengganggu pedagang yang masih bertahan.

Selain itu, dirinya mengatakan langkah yang akan diambil oleh DPRD dalam persoalan kali ini adalah dengan melakulan Rapat Kerja bersama jajaran terkait seperti Polisi, Dinas Perdagangan, Investor dan pedagang. Harapanya ada pemecahan yang baik dalam masalah ini.

Ketua DPRD Kota Malang saat tinjau Pasar Merjosari

“Besok kita bicarakan agar masalah ini cepat selesai, agar tidak masalah hukum yang berbuntut. Kami sebagai lembaga yang memiliki fungsi evaluasi akan memberikan masukan pada dinas yang terkait soal ini,” pungkasnya.

Ia menginginkan agar dalam persoalan ini juga memberikan wawasan kepada para pedagang yang apabila kelayakan PTD sudah dipenuhi nantinya, mereka dapat pindah bersama -sama. (Iqb)

Kanal Terkait