Ketahui! Konsumsi Kopi Saat Sahur Bikin Produksi Air Seni Meningkat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ketahui! Konsumsi Kopi Saat Sahur Bikin Produksi Air Seni Meningkat
STRAIGHT NEWS

Ketahui! Konsumsi Kopi Saat Sahur Bikin Produksi Air Seni Meningkat

SATUKANAL.com, NASIONAL– Mengkonsumsi kopi saat sahur menjadi kebiasaan sebagian orang saat hendak menjalankan ibadah puasa. Namun, kebiasaan ini rupanya keliru. Minum kopi saat sahur dapat mempengaruhi kesehatan.

Bagaimanapun juga, sahur adalah kunci persiapan bekal bgai tubuh untuk menjalankan ibadah puasa sepanjang hari. Untuk itu, memenuhi kebutuhan cairan yang tepat saat sahur dapat mmebuat puasa berjalan dengan lancar.

Egypt Independent menyebut bahwa orang yang berpuasa sebaiknya menghindari minum terlalu banyak air selama sahur karena ginjal akan membuangnya selama beberapa jam ke depan. Oleh karena asupan cairan terbatas, orang yang sedang berpuasa disarankan agar tidak minum kopi atau asupa berkafein lainnya saat sahur.

Minum kopi atau asupan berkafein lainnya saat sahur bisa membuat tubuh cepat kehilangan air, sehingga orang jadi mudah haus di siang hari. Hal itu dipengaruhi sifat kafein yang diuretik. Konsumsi kafein bisa merangsang produksi air seni, dan membuat orang jadi sering kencing.

Baca Juga :  Larangan Mudik, KA Jarak Jauh dan Lokal Tetap Beroperasi

Orang yang berpuasa dianjurkan minum cairan yang mudah diserap dan serat sehat yang bisa bertahan lama di perut. Sebaiknya, minum air putih sebanyak dua sampai tiga gelas dan lengkapi menu sahur dengan buah dan sayur kaya air seperti semangka, melon, anggur, pir, timun, dll.

Dilansir dari Cleveland Clinic, orang yang terbiasa minum kopi atau asupan berkafein lainnya lalu dipaksa tiba-tiba berhenti bisa mengalami penarikan kafein. Penarikan kafein terkadang bisa menyebabkan seseorang jadi susah konsentrasi, sakit kepala, atau mudah mengantuk.

Meski begitu, ada juga sebagian orang yang tidak merasakan perubahan signifikan saat pola konsumsi kafeinnya berubah. Demi meminimalkan efek negatif pada tubuh, penting bagi yang terbiasa minum kopi untuk mengatur asupan kafeinnya saat berpuasa. Berkut tips minum kopi saat berpuasa:

Baca Juga :  Terbesar di Indonesia, PSEL TPA Benowo Jadi Pilot Project

1. Minum Kopi Saat Berbuka Puasa

Waktu yang tepat minum kopi saat puaasa adalah satu atau dua jam selepas buka puasa. Jika memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari, meggeser waktu minum kopi menjadi setelah bebrbuka puasa adalah salah satu cara yang bisa dicoba.

2. Jangan Berlebihan Konsumsi Kopi

Batasi asupan kafein dengan minum kopi selepas buka puasa tak lebih dari dua cangkir. Saat buka puasa, tubuh butuh banyak asupan cairan yang mudah diserap seperti air putih untuk menghidrasi tubuh yang tidak kemasukan air sepanjang hari.

3. Buat Penggati Kopi

Teh herbal seperti chamomile atau seduhan rempah-rempah bisa dijadikan alternatif minuman pengganti kopi. Mengingat, minum kopi saat sahur dapat menyebabkan sering kencing dan rentan bikin haus. Sehingga, sebaiknya ganti minuman pengganti dari kopi.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait